Kompas.com - 07/03/2021, 16:33 WIB
Ilustrasi router wifi. PIXABAY/384432Ilustrasi router wifi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Di masa pandemi ini, penggunaan internet menjadi hal yang sangat penting di rumah. Bagaimana tidak, internet sangat dibutuhkan untuk memperlancar aktivitas pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan bekerja dari rumah.

Oleh sebab itu, banyak pemilik rumah memasang sambungan internet nirkabel atau wifi untuk menunjang aktivitas di rumah selama pandemi. Sambungan internet ini dilengkapi dengan router.

Namun demikian, kerap kali sambungan internet mengalami gangguan. Solusi yang sering dilakukan oleh pengguna adalah melakukan reboot router wifi untuk memperbaiki kinerja sambungan internet.

Baca juga: Masih WFH? Buat Ruang Kerja Nyaman dengan Cara Ini

Reboot router wifi dilakukan dengan cara mematikan perangkat, lalu tunggu sekitar 30 detik sebelum akhirnya kembali dinyalakan.

Akan tetapi, seberapa sering sebaiknya melakukan reboot router wifi agar koneksi internet di rumah tidak mengalami gangguan? Dilansir dari Family Handyman, Minggu (7/3/2021), berikut penjelasannya.

Seberapa sering harus reboot router wifi?

“Tidak ada jawaban yang sempurna atau ilmiah untuk pertanyaan ini. Secara umum, reboot router internet utama setiap beberapa bulan merupakan ide yang bagus," ujar Rob Rohrman, kepala TI di CompTIA.

Reboot router wifi dapat memperbaiki masalah konektivitas internet tertentu, dari tidak ada konektivitas internet hingga koneksi nirkabel yang lambat. Ini harus menjadi salah satu langkah pemecahan masalah pertama internet di rumah.

Baca juga: Ternyata, Ini 10 Tanaman Hias Terpopuler Selama Periode WFH

"Ini juga merupakan praktik keamanan yang baik untuk reboot ulang router sesekali," imbuh Rohrman.

Manfaat reboot router wifi

Manfaat dari reboot router Anda secara teratur ada dua. Jika Anda menginginkan koneksi yang lebih cepat, Anda harus menyalakan dan mematikan router secara teratur.

Menurut Consumer Report, penyedia internet Anda memberikan alamat IP sementara ke setiap perangkat Anda yang dapat berubah kapan saja. Jika router Anda tidak menangkap perubahan, koneksi mungkin lambat, seperti jika terlalu banyak perangkat yang terhubung ke router Anda.

“Dari perspektif kinerja, memulai ulang router Anda sesering mungkin (sekali setiap satu atau dua bulan) dapat membantu menjaga keandalan jaringan rumah Anda,” jelas Nick Merrill, pendiri konsultan keamanan siber Broad Daylight.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X