Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Catat, Lokasi Terbaik dan Terburuk untuk Meletakkan Router Wifi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki koneksi internet wifi yang kuat di rumah adalah hal yang sangat penting. Ini khususnya bagi Anda yang bekerja di rumah atau ingin menonton film dari layanan streaming seperti Netflix.

Apa pun penyedia layanan internet yang Anda pilih, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan di rumah agar koneksi internet tetap berjalan lancar. Salah satunya adalah menggunakan router wifi dan meletakkannya di tempat yang tepat.

Dilansir The Sun US, Selasa (2/5/2023), tempat Anda meletakkan router wifi berdampak besar pada kualitas koneksi wifi Anda.

Hitron, sebuah perusahaan peralatan telekomunikasi, baru-baru ini membagikan kesalahan utama yang harus dihindari dan tip yang harus diikuti untuk wifi yang kuat. Ini termasuk tempat terbaik dan terburuk untuk meletakkan router wifi.

Lokasi router wifi terbaik

Hitron merekomendasikan pelanggan untuk menjaga router wifi mereka berdiri tegak dan tidak menyentuh lantai, seperti di rak atau meja.

Mereka juga menyarankan untuk menjauhkan router wifi dari peralatan lain untuk mengurangi gangguan.

Jika router wifi berada di lokasi yang aman dan terpusat di rumah dan Anda masih mengalami masalah, mungkin ada masalah dengan koneksi broadband Anda.

Anda harus dapat melihat di perangkat router wifi Anda, berapa banyak bar yang Anda miliki di wifi, jadi jika bar penuh itu mungkin menjadi masalah dengan koneksi broadband Anda yang sebenarnya, kata Nick Baker, pakar broadband di USwitch.com.

Jadi, imbuh Baker, sebelum Anda mencabut kabel router wifi dan memindahkannya ke sekitar rumah, lihat apakah wifi Anda kuat dan jalankan uji kecepatan.

Lokasi router wifi terburuk

Meskipun yang paling menonjol, Hitron merinci beberapa tempat dan jenis barang yang tidak boleh diletakkan oleh pemilik rumah di dekat router wifi.

Berikut adalah daftar tempat dan objek yang harus dihindari untuk meletakkan router wifi.

  • Dekat perangkat nirkabel lainnya
  • Dekat microwave
  • Di sekitar televisi
  • Di dekat perangkat Bluetooth
  • Sudut ruang bawah tanah atau sudut yang jauh
  • Dekat telepon nirkabel
  • Di dalam atau di belakang lemari dan furnitur
  • Apa pun yang dapat memblokir ventilasi router wifi
  • Bahan bangunan logam
  • Bahan bangunan beton
  • Bahan bangunan kaca

Bergantung pada tata letak rumah Anda, mungkin sulit untuk menghindari setiap lokasi ini saat menempatkan router wifi.

Seringkali, pemilik rumah memilih untuk menempatkan router wifi di dalam dapur karena mereka menghabiskan sebagian besar waktunya di ruangan tersebut. Namun, ini bisa menyebabkan router wifi berada di dekat barang-barang yang bisa mengganggu koneksi.

Penyedia layanan internetblain, seperti Virgin Media, menyarankan konsumen untuk memindahkan router wifi keluar dari dapur karena peralatan logam besar seperti oven dan kulkas mengganggu koneksi.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/05/02/134300476/catat-lokasi-terbaik-dan-terburuk-untuk-meletakkan-router-wifi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke