Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Kelebihan dan Kekurangan Menjual Rumah Tanpa Perantara

Kompas.com - 18/04/2023, 13:25 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Apakah Anda berencana untuk menjual rumah? Proses menjual rumah dapat dilakukan dengan atau tanpa perantara, dalam hal ini adalah agen properti.

Dikutip dari Martha Stewart, Selasa (18/4/2023), menjual rumah tanpa perantara memberi Anda lebih banyak kendali atas kapan dan bagaimana Anda menjual rumah. Pun Anda bahkan dapat menghemat uang dalam prosesnya dengan menghindari biaya-biaya tertentu, termasuk komisi.

Penting untuk dicatat bahwa menjual rumah sendiri membutuhkan lebih banyak pekerjaan, kata Scott Bergmann, agen Realty ONE Group di Omaha, Nebraska, AS.

Baca juga: 5 Renovasi yang Harus Dilakukan Sebelum Menjual Rumah agar Cepat Laku

Ilustrasi rumah dijual, menjual rumah.SHUTTERSTOCK/ANDY DEAN PHOTOGRAPHY Ilustrasi rumah dijual, menjual rumah.

Menurut Bergmann, Anda harus mengurus semuanya sendiri, mulai dari menentukan harga rumah hingga memasarkan rumah, dan menunjukkannya kepada pembeli potensial. Selain itu, jika Anda tidak terbiasa dengan administrasi, segalanya bisa menjadi sangat rumit.

Menjual rumah sendiri berarti Anda tidak akan memiliki agen properti untuk membantu memandu Anda melalui prosesnya.

Agen properti berpengalaman dalam menentukan harga rumah dengan benar, membuat rencana pemasaran yang efektif, dan menavigasi persyaratan hukum dan keuangan, kata GP Theriot, seorang pakar real estat.

Selain itu, agen properti memiliki akses ke jaringan pembeli potensial dan dapat bernegosiasi atas nama penjual, tutur Theriot.

Baca juga: Kenali, Ini 4 Tanda Sudah Waktunya Menjual Rumah

Ini juga berarti bahwa Anda harus membuat strategi pemasaran Anda sendiri untuk menarik sebanyak mungkin pembeli yang memenuhi syarat, ujar Kristina O'Donnell, agen Realty ONE Group.

Setelah itu Anda perlu memverifikasi kualifikasi pembeli, menyelesaikan inspeksi, menyelesaikan negosiasi, dan lebih banyak lagi, tutur O'Donnell.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com