Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Menjual Rumah Secara Online agar Cepat Terjual

Kompas.com - 20/10/2022, 12:20 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Di zaman sekarang ini, segala aspek kehidupan dilakukan serba digital atau online.  

Hal ini semakin dipercepat oleh pandemi Covid-19, yang akhirnya mengalihkan sebagian besar layanan serta industri ke operasi online dan jarak jauh, termasuk menjual rumah

Baca juga: 6 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menjual Rumah

Menjual rumah secara online terlihat lebih mudah dibanding offline. Anda cukup mengunduh foto-foto rumah Anda dan memasang harga penawaran, lalu membagikannya ke situs jual-beli rumah. 

Dari situ, orang-orang dari berbagai belahan dunia dapat melihat rumah Anda melalui layar laptop dan ponsel. Bila cocok, mereka akan menghubungi Anda. 

Bisa dibilang menjual rumah secara online lebih efektif dan efisien serta bisa menjangkau calon pembeli lebih banyak daripada offline. 

Meski demikian, menjual rumah secara online juga membutuhkan proses panjang dan memperhatikan beberapa hal agar cepat terjual. 

Nah, dilansir dari My Decorative, Kamis (20/10/2022), berikut empat cara menjual rumah secara online agar cepat terjual. 

Baca juga: 4 Tanda Saatnya Perlu Menjual Rumah

Melalui agen real estate

Ilustrasi menjual rumah, ilustrasi membeli rumah. FREEPIK.COM/JCOMP Ilustrasi menjual rumah, ilustrasi membeli rumah.
Saat menjual rumah secara online, Anda perlu menggunakan agen real estate. Ini menjadi solusi jelas serta cepat. Namun, ada berbagai pro dan kontra menggunakan agen real estate. 

Saat bekerja dengan agen real estate, salah satu layanan yang Anda bayar adalah akses mereka ke MLS untuk mendaftarkan rumah Anda.

Selain itu, Anda juga membayar berbagai layanan lain seperti open house, pementasan, dan taktik pemasaran lainnya yang membantu Anda menjual rumah dengan harga menarik.

Namun, kelemahan utama menggunakan agen real estate adalah Anda harus membayar mereka cek komisi yang besardari penjualan rumah.

Jika Anda tidak memiliki banyak ekuitas yang disimpan di rumah, menulis cek komisi di akhir proses penjualan mungkin sulit diterima.

Namun, jika memiliki semua atau sebagian besar rumah Anda, menggunakan agen real estate bisa menjadi pilihan tepat. 

Baca juga: 5 Cara Mencerahkan Ruangan yang Perlu Dilakukan Saat Menjual Rumah

Menjual rumah sendiri 

Selanjutnya, cara menjual rumah secara online adalah memasarkannya sendiri di situs jual beli rumah. Sama dengan industri lainnya, menjual rumah secara sendiri adalah penjualan pribadi antara pemilik rumah dan pembeli, tidak melibatkan pihak ketiga. 

Bahkan dalam kasus ini, pemilik rumah masih dapat membayar untuk mendaftarkan rumah mereka di MLS. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com