Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/04/2023, 12:36 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber ideal home

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam membuat ruang kerja di rumah, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memutuskan letak ruang yang akan digunakan.

Selain itu, penting pula memanfaatkan ruang di rumah dan menatanya dengan baik, terutama ruang dengan luas terbatas. Anda juga perlu menata pencahayaan untuk mendukung aktivitas dalam bekerja. 

Dilansir dari Ideal Home, Minggu (2/4/2023), berikut enam cara menata ruang kerja kecil di rumah. 

Baca juga: 6 Tips Menciptkan Ruang Kerja yang Lebih Produktif Menurut Feng Shui

Ciptakan ruang kerja dengan lampu dinding

Ilustrasi ruang kerja minimalis di rumah. SHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi ruang kerja minimalis di rumah.
Pencahayaan ruang kerja merupakan hal penting untuk semua ukuran ruangan. Selain pencahayaan overhead, penting menyertakan pencahayaan tugas di atas meja kerja.

Lampu meja merupakan pilihan bagus, tetapi jika ruang meja sangat terbatas, pertimbangkan memilih lampu yang dipasang di dinding.

Namun, jika ingin memanfaatkan lampu meja yang sudah ada, Lauren Davenport dari Furniture Village menyarankan pandai-pandai menempatkannya.

Ia mengatakan, lampu meja dapat diletakkan di belakang monitor untuk mengurangi kekacauan pada permukaan atau diletakkan di atas unit rak terdekat untuk memancarkan cahaya ke seluruh ruangan.

Baca juga: 6 Ide Menciptakan Ruang Kerja di Rumah Kecil

Bereskan kekacauan dengan wadah penyimpanan gantung

Jika bekerja dengan ruang meja yang sempit di dalam ruang kerja atau sudut ruangan tertentu di rumah, Anda dapat memanfaatkan ruang dinding sebagai ruang penyimpanan.

Rak kerja yang besar bisa memotong ruang gerak dan cahaya di meja kerja. Sebagai gantinya, pertimbangkan memasang wadah penyimpanan untuk alat tulis di dinding. 

Baca juga: 8 Rekomendasi Tanaman Hias untuk Ruang Kerja

Tambahkan tanaman hias penghilang stres

Ilustrasi ruang kerja.Shutterstock/Srijaroen Ilustrasi ruang kerja.
Ruang kerja selalu bisa mendapat manfaat dari tanaman hias. Lauren menyarankan menata tanaman hias, baik tanaman asli maupun palsu.

"Anda akan mendapatkan manfaat dari adanya tanaman hijau yang tersebar di sekitar ruangan, membantu meringkankan kecemasan yang berhubungan dengan pekerjaan dan meningkatkan kejernihan," kata Lauren. 

Jika ruang meja terbatas, pertimbangkan menggantung pot. Meski tanaman hias asli akan selalu terlihat paling bagus, pertimbangkan memilih tanaman tiruan jika Anda kesulitan menyiramnya.

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Cocok untuk Mendekorasi Meja Kerja

Pertimbangkan penyimpanan vertikal

Di ruang kerja kecil, setiap jengkal ruang sangat berharga. Anda dapat memanfaatkan ruang vertikal dengan memasang rak dan meletakkan kotak penyimpanan yang diberi label.

Tempat yang tinggi bukan tempat yang mudah dijangkau tanpa tangga, jadi pertimbangkan hal ini saat mengatur apa yang akan Anda simpan di rak.

Tempatkan benda-benda yang tidak Anda perlukan setiap hari, tetapi harus dapat dijangkau dengan mudah.

Baca juga: Jangan Menggantung Karya Seni Secara Vertikal di Kamar Tidur

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com