Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Cara Menata Ruang Kerja Kecil di Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam membuat ruang kerja di rumah, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memutuskan letak ruang yang akan digunakan.

Selain itu, penting pula memanfaatkan ruang di rumah dan menatanya dengan baik, terutama ruang dengan luas terbatas. Anda juga perlu menata pencahayaan untuk mendukung aktivitas dalam bekerja. 

Dilansir dari Ideal Home, Minggu (2/4/2023), berikut enam cara menata ruang kerja kecil di rumah. 

Lampu meja merupakan pilihan bagus, tetapi jika ruang meja sangat terbatas, pertimbangkan memilih lampu yang dipasang di dinding.

Namun, jika ingin memanfaatkan lampu meja yang sudah ada, Lauren Davenport dari Furniture Village menyarankan pandai-pandai menempatkannya.

Ia mengatakan, lampu meja dapat diletakkan di belakang monitor untuk mengurangi kekacauan pada permukaan atau diletakkan di atas unit rak terdekat untuk memancarkan cahaya ke seluruh ruangan.

Bereskan kekacauan dengan wadah penyimpanan gantung

Jika bekerja dengan ruang meja yang sempit di dalam ruang kerja atau sudut ruangan tertentu di rumah, Anda dapat memanfaatkan ruang dinding sebagai ruang penyimpanan.

Rak kerja yang besar bisa memotong ruang gerak dan cahaya di meja kerja. Sebagai gantinya, pertimbangkan memasang wadah penyimpanan untuk alat tulis di dinding. 

"Anda akan mendapatkan manfaat dari adanya tanaman hijau yang tersebar di sekitar ruangan, membantu meringkankan kecemasan yang berhubungan dengan pekerjaan dan meningkatkan kejernihan," kata Lauren. 

Jika ruang meja terbatas, pertimbangkan menggantung pot. Meski tanaman hias asli akan selalu terlihat paling bagus, pertimbangkan memilih tanaman tiruan jika Anda kesulitan menyiramnya.

Pertimbangkan penyimpanan vertikal

Di ruang kerja kecil, setiap jengkal ruang sangat berharga. Anda dapat memanfaatkan ruang vertikal dengan memasang rak dan meletakkan kotak penyimpanan yang diberi label.

Tempat yang tinggi bukan tempat yang mudah dijangkau tanpa tangga, jadi pertimbangkan hal ini saat mengatur apa yang akan Anda simpan di rak.

Tempatkan benda-benda yang tidak Anda perlukan setiap hari, tetapi harus dapat dijangkau dengan mudah.

"Pencahayaan dapat meningkatkan produktivitas dan mencegah kelelahan," kata Juliette dari Juliettes Interiors.

"Manfaatkan cahaya matahari sebaik-baiknya, tetapi posisikan meja Anda menghadap ke jendela agar cahaya tidak langsung menyinari layar komputer dan gunakan pencahayaan tinggi untuk area tertentu yang Anda perlu berkonsentrasi pada detail," ucapnya. 

Gunakan warna putih sebagai latar belakang

Biarkan warna putih di ruang kerja sehingga Anda dapat memajang foto dan gambar untuk menginspirasi Anda.

Dekorasi dengan warna putih yang menenangkan tidak hanya membangkitkan nuansa tenang, tetapi juga menciptakan ilusi ruang yang lebih luas.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/04/02/123647176/6-cara-menata-ruang-kerja-kecil-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke