Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/03/2023, 12:28 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Treehugger

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias dapat mempercantik tampilan dan memberi nuansa pada ruangan di rumah, termasuk ruang kerja.

Kehadiran tanaman hias di ruang kerja dapat memberi efek menenangkan dan mengurangi stres, yang akhirnya menunjang produktivitas.

Bila ingin mendekorasi dengan tanaman hias, berikut delapan rekomendasi tanaman hias untuk ruang kerja, dilansir dari Treehugger, Rabu (8/3/2023).

Baca juga: Bukan Mitos, Ini 3 Manfaat Tanaman di Ruang Kerja 

Jade plant

Ilustrasi tanaman giok atau jade plant. UNSPLASH/SUSAN WILKINSON Ilustrasi tanaman giok atau jade plant.
Jade plant atau tanaman giok merupakan tanaman sukulen yang dapat tumbuh baik di area ruang kerja. Tanaman ini memiliki daun yang cantik dan lebat.

Jade plant tumbuh lambat dan baik dalam kondisi sedang. Sebagai tanaman sukulen, tanaman giok ini tidak membutuhkan banyak air.

Baca juga: 5 Tanaman Hias Daun Ungu yang Cantik dan Unik 

Purple shamrock

Tanaman bernama latin Oxalis triangularis ini dapat mencerahkan ruang kerja. Dalam kondisi tepat, purple shamrock sering kali memiiki sekumpulan bunga kecil berwarna putih atau merah muda yang melamba-lambai di atas daunnya.

Daunnya yang berbentuk segitiga akan melipat pada malam hari, yang bisa Anda jadikan sebagai pengingat untuk mengakhiri hari.

Peace lily

Tanaman peace lily menghasilkan daun putih yang terlihat seperti bunga. Tanaman ini tumbuh baik dengan cahaya luar ruangan yang disaring, tapi dapat tumbuh sumbur dengan cahaya dari lampu neon di lingkungan ruang kerja.

Baca juga: Benarkah Tanaman Bisa Tumbuh dengan Cahaya Buatan?

Lucky bamboo

Ilustrasi tanaman hias bambu rejeki atau lucky bamboo. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi tanaman hias bambu rejeki atau lucky bamboo.
Lucky bamboo atau tanaman bambu keberutungan merupakan tanaman yang mudah dirawat. Tanaman ini tumbuh baik di air, tanah, dan bawah lampu kantor.

Jika ditanam di tanah, lucky bambo perlu dijaga agar tetap sedikit lembap. Batangnya dapat mencapai ketinggian sekitar 150 sentimenter.

English Ivy

Tanaman bernama latin Hedera helix ini akan menumbuhkan sulur-sulur daun yang panjang dan cantik yang dapat Anda atur ke berbagai arah.

Tanaman ini mudah dirawat, tapi jaga agar tidak memenuhi ruangan dengan memangkasnya.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Meletakkan Lucky Bamboo di Rumah

Tanaman karet

Bernama latin Ficus elastica, tanaman karet tidak membutuhkan banyak perawatan dan dapat tumbuh subur di ruang kerja.

Tanaman ini meningkatkan kelembapan pada ruangan, memberikan efek pendinginan. Untuk menjaga kebersihan daunnya yang mengilap, sesekali seka dengan kain lembap.

Philodendron

Ilustrasi tanaman hias philodendron heartleaf.Shutterstock/Josefino Yanga Ilustrasi tanaman hias philodendron heartleaf.
Philodendron yang mengilap, cerah, dan berdaun hijau merupakan tanaman yang populer diletakkan di ruang kerja. Tanaman ini mudah dirawat serta dapat ditemukan dalam berbagai bentuk dan ukuran.

Philodendron dapat ditempatkan digantung atau diposisikan di rak. Tanaman ini umumnya lebih menyukai sinar matahari tidak langsung, tetapi dapat mentoleransi area dengan cahaya  lebih sedikit.

Baca juga: 8 Manfaat Meletakkan Tanaman Philodendron di Dalam Ruangan

Lidah buaya

Jika memiliki akses ke jendela, lidah buaya atau aloe vera merupakan pilihan tepat. Lidah buaya sangat cocok untuk ruang kerja yang memiliki banyak sinar matahari serta terlihat bagus di atas meja.

Tanaman dengan perawatan rendah ini tahan terhadap udara dalam ruangan yang kering dan jarang disiram serta mudah diperbanyak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Treehugger
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com