Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanaman Pereda Nyeri Haid yang Dapat Ditanam di Rumah

Kompas.com - 29/03/2023, 08:49 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber decor tips

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman tidak hanya digunakan untuk mempercantik rumah dan membersihkan udara. 

Ada beberapa tanaman yang populer ternyata dapat digunakan untuk pengobatan. Ini dikenal sebagai tanaman obat atau herbal. 

Baca juga: Tanaman Mini yang Cocok untuk Rumah Kecil dan Cara Merawatnya

Tanaman obat ini memiliki banyak kegunaan untuk mengobati beberapa gejala kesehatan atau rasa sakit, salah satunya nyeri haid

Dengan menanam tanaman pereda nyeri haid di taman rumah, Anda akan mendapatkan manfaat ganda, yaitu menjaga kesehatan dan menikmati ruang hijau pada saat bersamaan.

Selain itu, Anda dapat mengakses tanaman ini dengan cepat dan sesering yang dibutuhkan serta mendapatkan hasil panen yang organik. 

Baca juga: Simak, Manfaat Menggunakan Pupuk Organik untuk Tanaman Sayuran

Menanam tanaman pereda nyeri haid

Ilustrasi bunga chamomile.PIXABAY/_Alicja_ Ilustrasi bunga chamomile.
Meski dunia maju dengan pesat dalam hal teknologi, pengobatan, dan proses ilmiah, penggunaan tanaman aromatik dan obat menjadi lebih umum.

Hal tersebut karena tanaman obat ini melengkapi perawatan kesehatan dan kesejahteraan serta dapat menanamnya di rumah. Selain itu, tanaman obat juga terbukti populer dalam tren global untuk kembali ke alam. 

Seperti diketahui, nyeri haid sangat menyakitkan dan bisa melemahkan tubuh. Bahkan beberapa penelitian mengungkapkan bahwa dismenore (nyeri haid yang berasal dari rahim) merupakan penyebab utama morbiditas ginekologi pada wanita usia reproduksi.

Dengan demikian, hal ini dapat mempengaruhi produktivitas dan kualitas hidup mereka. Inilah sebabnya mengapa perlu menanam tanaman obat sendiri di rumah untuk membantu mengurangi nyeri haid.

Tanaman pereda nyeri haid ini juga bisa digunakan dalam resep masakan. Dikutip dari Decor Tips, Rabu (29/3/2023), berikut sejumlah tanaman pereda nyeri yang bisa ditanam di rumah. 

Baca juga: Cara Membuat Pestisida dari Bawang Putih, Basmi Ulat Tanaman Cabai

Chamomile

Penelitian menunjukkan chamomile mengandung sifat anti-inflamasi, spasmolitik, dan obat penenang. Hal ini membuatnya menjadi salah satu tanaman obat paling populer untuk meredakan nyeri haid dan kram perut.

Anda dapat menanam chamomile di rumah dan mengambil beberapa cabang untuk menyiapkan seduha teh. 

Anda dapat menambahkan sedikit madu untuk mempermanis teh meski tanaman ini memiliki rasa alaminya sangat lezat. 

Baca juga: 10 Pupuk Alami Buatan Sendiri untuk Menyuburkan Tanaman Sirih Gading

Thyme 

Ilustrasi tanaman herbal thyme.SHUTTERSTOCK / mrs.Mazorchuk Ilustrasi tanaman herbal thyme.
Thyme adalah tanaman pereda nyeri yang dapat ditanam dengan mudah di rumah. Thyme juga membantu meringankan gangguan pernapasan karena mengandung sifat antispasmodik, ekspektoran, dan antiseptik.

Selain itu, karena tindakan antiseptiknya yang kuat, tanaman thyme ideal untuk mengobati kondisi seperti sariawan dan pyorrhea.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com