Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/03/2023, 13:35 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber AZ Animals

JAKARTA, KOMPAS.com - Sugar glider menjadi hewan yang kini banyak dipelihara sejak  terakhir belakangan ini. Sugar glider adalah hewan berkantung yang unik dan menarik.

Dengan ukurannya yang kecil, gaya hidup di pepohonan, dan kebiasaan mencari makan pada malam hari, hewan ini memiliki banyak kemiripan dengan hewan berkantung lainnya, seperti kanggur, koala, dan oposum. 

Baca juga: Ingin Memelihara Sugar Glider? Ketahui Dulu Siklus dan Usia Hidupnya

Namun, hal yang membuat sugar glider berbeda dengan hewan lain adalah kemampuannya yang luar biasa untuk meluncur di udara menggunakan selaput elastis yang memanjang dari anggota tubuhnya.

Kemampuan meluncur ini memungkinkan sugar glider bergerak cepat dan anggun di antara pepohonan, membuatnya menjadi navigator yang ahli di kanopi hutan. 

Ada banyak pertanyaan tentang sugar glider sebelum memeliharanya, salah satunya perilaku tidur selain makanan sugar glider.

Apakah makhluk menggemaskan ini lebih banyak beraktivitas pada siang hari (diurnal) atau hewan nokturnal, yang berarti aktif pada malam hari? 

Baca juga: 10 Fakta Menarik Sugar Glider, Bersuara Keras dan Bisa Membeku 

Perilaku tidur siang hari sugar glider 

Ilustrasi sugar glider.Shutterstock/Evannovostro Ilustrasi sugar glider.
Dilansir dari AZ Animals, Kamis (2/3/2023), sebetulnya, perilaku dan pola tidur sugar glider dapat bervariasi, tergantung pada beragam faktor. Meski aktif pada malam hari, pola tidur sugar glider tidak mudah.

Sugar glider tidur sekitar 15 jam dalam siklus 24 jam. Penelitian ilmiah menunjukkan sugar glider menunjukkan pola tidur nokturnal dan diurnal yang bergantung pada tingkat cahaya serta interaksi sosial.

Sebagai contoh, sugar glider sering beristirahat pada siang hari di tempat gelap dan sunyi agar tidak terlihat predator.

Namun, pada malam hari, banyak dari sugar glider ini menjadi lebih aktif serta mencari makanan favorit mereka seperti getah dan nektar.

Namun, sugar glider tidur siang sejenak pada jam-jam tergelap dengan aktivitas paling banyak setelah matahari terbenam dan sesaat sebelum matahari terbit.

Pola aktivitas ini cenderung lebih jelas selama musim kawin atau saat membesarkan anak-anak mereka.  

Baca juga: Mengenal Sugar Glider, Bisakah Menjadikannya Sebagai Hewan Peliharaan? 

Penangkaran mempengaruhi tidur sugar glider

Ilustrasi sugar glider.Shutterstock/AsepBachowie Ilustrasi sugar glider.
Banyak orang menyukai sugar glider sebagai hewan peliharaan, tetapi salah satu tantangan terbesar merawat hewan berkantung kecil ini adalah memahami pola tidur alami mereka.

Sugar glider adalah hewan nokturnal, yang berarti umumnya lebih suka terjaga sepanjang malam dan tidur pada siang hari.

Namun, Anda dapat melatih mereka beradaptasi dengan jadwal tidur Anda, yang mungkin tidak sesuai dengan kepentingan mereka dari sudut pandang biologis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com