Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Fakta Menarik Kucing British Shorthair, Ras Kuno dan Hampir Punah

Kompas.com - 01/03/2023, 17:05 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - British shorthair, yang juga dikenal sebagai European shorthair, adalah salah satu ras kucing yang sangat populer di dunia. 

Bristih shorthair adalah ras kucing berukuran sedang hingga besar yang sangat kuat dengan tubuh sangat berotot dan tulang yang berat. 

Baca juga: Plus Minus Memelihara Kucing British Shorthair, Apa Saja?

Selain itu, kucing British shorthair memiliki penampilan yang bulat dan gembul. Hampir semua bagian tubuhnya berbentuk bulat, dari kepala, mata, pipi, cakar, hinggga ekor dengan ujung membulat.

Penampilan ini menjadi ciri khas kucing asal Inggris tersebut serta membuatnya terlihat lucu dan menggemaskan. 

Tampilan ini membuat kucing British shorthair menjadi salah satu ras kucing favorit yang banyak dipelihara dan paling populer kelima di Amerika Serikat pada 2014.

Sama dengan ras kucing lainnya, Bristish shorthair memiliki sejumlah keunikan dan kelebihan. Dilansir dari Mental Floss, Rabu (3/1/2023), berikut fakta menarik kucing British shorthair

Baca juga: Kucing British Shorthair Vs American Shorthair, Apa Bedanya?

Keturunan kucing-kucing Romawi kuno

Ilustrasi kucing British shorthair.Shutterstock/FotoMirta Ilustrasi kucing British shorthair.
British shorthair menyandang predikat sebagai salah satu ras kucing tertua di dunia. Para ahli menduga kucing ini merupakan keturunan dari kucing yang diimpor ke Roma dari Mesir kuno.

Ketika Romawi menginvasi Britania Raya pada 43 Masehi, mereka membawa serta kucing British shorthair.

Disukai "bapak kucing mewah"

British shorthair dulunya dikenal sebagai kucing jalanan dan tikus gudang. Hingga akhirnya, Harrison Weir, seorang penyayang binatang abad ke-19 asal Inggris, yang juga dikenal sebagai "bapak kucing mewah", mulai mengembangbiakkan kucing British shorthair. 

Dia memamerkan ras kucing British shorthair di Crystal Palace London pada 1871 dalam sebuah acara yang dianggap banyak orang sebagai pertunjukan kucing pertama di dunia.

Pertunjukan tersebut dipenuhi dengan kucing-kucing impor yang eksotis, termasuk kucing Persia dan kucing yang mirip dengan kucing Siam.

Namun, Weir lebih menyukai ras asli negaranya. "Cinta pertama saya akan selalu untuk kucing domestik berbulu pendek," tulis Weir dalam bukunya tentang berbagai ras kucing, Our Cats and All About Them (1889). 

Baca juga: Mengenal Kucing British Shorthair yang Dipelihara Gisella Anastasia

Hampir punah 

Ilustrasi kucing British shorthair.Shutterstock/Chendongshan Ilustrasi kucing British shorthair.
Selanjutnya, fakta menarik kucing British shorthair adalah hampir punah. Pada awal abad ke-20, ras-ras kucing berbulu panjang telah melampaui popularitas British shorthair.

Akibatnya, para penggemar kucing berhenti mengembangbiakkan British shorthair selama Perang Dunia I dan II dan membuat ras ini hampir punah.

Untuk memastikan kelangsungan hidup ras ini, para penggemar kucing British shorthair mengawinkan kucing mereka dengan kucing Persia dan kucing lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com