Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/03/2023, 10:23 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menulis dan mencatat menggunakan pulpen saat bekerja terkadang secara tak sengaja tintanya mengenai pakaian.

Hal ini pun membuat pakaian kotor dan terkena noda tinta. Pakaian yang terkena noda tinta  sulit dihilangkan dengan pembersihan biasa. 

Baca juga: 6 Bahan yang Ampuh Bersihkan Noda Tinta dari Benda Berbahan Kulit

Menghilangkan noda tinta pada pakaian harus dilakukan dengan cara khusus dan cepat. Seperti noda lainnya, semakin cepat menanganinya, semakin mudah menghilangkan noda tinta.

Namun, sebelum melakukannya, Anda perlu mencoba terlebih dulu pada bagian yang tersembunyi untuk memastikan pembersihan yang dilakukan aman. 

Dilansir Good House Keeping, Kamis (2/3/2023), berikut cara menghilangkan noda tinta dari pakaian.

Ilustrasi noda pakaian.Shutterstock/Fecundap stock Ilustrasi noda pakaian.
Alat dan bahan yang dibutuhkan

Baca juga: 6 Bahan yang Ampuh Bersihkan Noda Tinta dari Benda Berbahan Kulit

Cara menghapus noda tinta dari pakaian

1. Basahi noda dengan alkohol gosok. Jika noda berukuran kecil, letakkan tisu di bawah noda dan gunakan pipet untuk mengoleskan alkohol gosok ke noda.

Untuk noda yang lebih besar, tuangkan alkohol ke piring kecil dan rendam area yang terkena noda selama 15 menit.

2. Tepuk-tepuk noda dengan tisu basah untuk mengeringkan, lalu menyeka dan mengelap noda untuk membersihkannya.

3. Setelah itu, bilas noda tinta dengan air dingin, gunakan pre-wash stain remover, dan cuci pakaian dengan pemutih yang aman untuk kain serta pakaian berwarna.

4. Periksa apakah noda tinta sudah benar-benar hilang. Jika noda masih ada, ulangi langkah pembersihan di atas sekali lagi atau sampai noda tinta hilang. Keringkan dengan mesin pengering hanya setelah tinta benar-benar hilang.

Baca juga: 7 Cara Ampuh Menghilangkan Noda Deodoran di Baju

Jika Anda terlambat menyadari pakaian telah terkena noda tinta atau mendiamkannya terlalu lama, coba metode di atas terlebih dahulu.

Namun, jika noda tidak berhasil hilang, coba memakai penghilang noda komersial. Produk-produk tersebut sering kali mengandung bahan-bahan yang ampuh membersihkan noda  tinta.

Pastikan mengikuti petunjuk label saat menggunakannya dan tetap lakukan uji coba di bagian yang tersembunyi untuk memastikan produk tersebut aman untuk pakaian. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com