Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Wajan Berkerak, Pakai Garam hingga Cola

Kompas.com - 02/02/2023, 07:19 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber ideal home

JAKARTA, KOMPAS.com - Karena frekuensi pemakaiannya, wajan bisa dengan mudah gosong dan berkerak. Jika kondisi demikian yang terjadi, maka jangan tunda untuk membersihkan wajan berkerak Anda.

Pasalnya, kerak dan noda gosong pada wajan bisa membuatnya kotor dan tampak usang. Selain itu, jika tidak segera dibersihkan, maka kerak pada wajan bisa membandel dan sulit dihilangkan.

Dikutip dari Ideal Home, Kamis (2/2/2023), menurut ahli kebersihan di MyJobQuote Heather Barrigan, noda gosong dan kerak dapat membuat peralatan masak terbaik bisa terlihat kotor dan usang. Dengan demikian, melakukan pembersihan mendalam sangat penting.

Baca juga: 4 Cara Menyimpan Panci dan Wajan di Dapur agar Tidak Berantakan

Ilustrasi wajan keramik. SHUTTERSTOCK/IHORL Ilustrasi wajan keramik.

Berikut beberapa cara membersihkan kerak pada wajan dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan mungkin sudah ada di dapur Anda.

1. Gunakan sabun cuci piring dan air mendidih

Untuk wajan gosong dan berkerak, tambahkan beberapa tetes sabun cuci piring ke dalam wajan berisi air mendidih, saran Barrigan.

Rebus selama 10 menit, angkat dari api dan biarkan hingga benar-benar dingin sebelum digosok dengan sisi spons yang abrasif.

Untuk wajan gosong, tambahkan lemon sebelum direbus untuk mengangkat noda dari permukaan baja dan enamel. Untuk wajan besi cor atau tembaga, jangan gunakan lemon karena dapat menimbulkan korosi pada permukaan wajan.

Baca juga: Wajan Teflon Vs Besi Cor, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Bilas dan semprotkan minyak goreng ke permukaan wajan untuk mengisi pori-pori dan menciptakan permukaan yang halus dan tidak lengket.

2. Gunakan garam

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com