Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/01/2023, 18:25 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sampah dapur menjadi penyebab utama bau di dalam rumah. Anda banyaknya bahan makanan yang dibuang setiap harinya, sehingga menyebabkan bau yang tak sedap.

Becky Rapinchuk, blogger di Clean Mama, mengatakan bahkan sesuatu yang polos, seperti potongan sayuran sisa, dapat menimbulka bau busuk keesokan pagi hari. 

Baca juga: 4 Bahan yang Dapat Menghilangkan Bau dari Tempat Sampah

Idealnya, Anda harus mengeluarkan kantong sampah yang telah penuh atau hampir penuh setiap beberapa hari ke tong sampah besar yang ada di luar rumah.

Namun, bau sampah yang menyengat masih dapat menemukan cara untuk menembus udara pada hari-hari berikutnya. 

Dilansir dari Apartment Therapy, Kamis (26/1/2023), berikut beberapa cara mengatasi bau pada tempah sampah dapur.  

Baca juga: Jangan Buang 5 Sampah Makanan Ini ke Bak Cuci Piring, Bikin Mampet

Pisahkan limbah yang berbau

Ilustrasi tempat sampah di dapur. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi tempat sampah di dapur.
Ikan dan makanan laut sejauh ini adalah sampah paling bau. Becca Napelbaum, ahli kebersihan di Handy—aplikasi layanan rumah sesuai permintaan—merekomendasikan mengantongi limbah dari piring makan secara terpisah serta mengeluarkan kantong itu segera setelah selesai makan.

Sama dengan buah atau sayuran busuk, kemas secara terpisah dan keluarkan sampak ikan atau makanan laut secepatnya (atau buat kompos).

Baik Napelbaum dan Rapinchuk setuju bahwa garis pertahanan pertamaadalah mengurangi hal-hal yang paling menyebabkan bau busuk, termasuk makanan laut.  

Baca juga: 9 Cara Mengurangi Sampah di Rumah Saat Natal

Tambahkan baking soda 

Ada banyak bahan alami yang dapat membantu mengatas bau pada tempat sampah seperti biji kopi, pasir kucing, serta arang.

Namun, Napelbaum menyarankan menggunakan baking soda. Taburkan baking soda pada bagian bawah tempat sampah guna membantu mencegah dan menyerap bau.

Rapinchuk membuat tablet penyerap baunya sendiri dengan mencampurkan 118 mililiter baking soda, 78 mililiter garam Epsom, 59 mililiter air, dan 10 tetes minyak esensial lemon.

Selanjutnya, tuangkan semua bahan ke dalam baki es batu hingga mengeras dan letakkan ke tempat sampah agar baunya berkurang.  

Baca juga: 8 Sampah Dapur Ini Bermanfaat untuk Tanaman, Apa Saja?

Tambahkan kulit lemon

Air lemon bisa digunakan menurunkan panas atau demam.shutterstock/Jag_cz Air lemon bisa digunakan menurunkan panas atau demam.
Kulit lemon memiliki aroma segar yang dapat menghilangkan bau di tempat sampah. Jadi, daripada membuangnya begitu saja, sebaiknya memanfaatkannya dengan baik.

"Lemon berhasil menyamarkan sebagian atau seluruh bau. Gunakan kulit lemon bersamaan dengan baking soda," imbuh Napelbaum.  

Baca juga: 3 Cara Membasmi Belatung dari Tempat Sampah

Bersihkan tempat sampah secara rutin

Terakhir, cara mengatasi bau pada tempah sampah dapur adalah membersihkannya secara rutin. Bersihkan bagian dalam tempat sampah secara rutin, kira-kira setiap dua minggu atau setiap kalimelihat ada tumpahan atau bau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com