Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Cara Mengatasi Bau pada Tempat Sampah Dapur

Becky Rapinchuk, blogger di Clean Mama, mengatakan bahkan sesuatu yang polos, seperti potongan sayuran sisa, dapat menimbulka bau busuk keesokan pagi hari. 

Idealnya, Anda harus mengeluarkan kantong sampah yang telah penuh atau hampir penuh setiap beberapa hari ke tong sampah besar yang ada di luar rumah.

Namun, bau sampah yang menyengat masih dapat menemukan cara untuk menembus udara pada hari-hari berikutnya. 

Dilansir dari Apartment Therapy, Kamis (26/1/2023), berikut beberapa cara mengatasi bau pada tempah sampah dapur.  

Sama dengan buah atau sayuran busuk, kemas secara terpisah dan keluarkan sampak ikan atau makanan laut secepatnya (atau buat kompos).

Baik Napelbaum dan Rapinchuk setuju bahwa garis pertahanan pertamaadalah mengurangi hal-hal yang paling menyebabkan bau busuk, termasuk makanan laut.  

Tambahkan baking soda 

Ada banyak bahan alami yang dapat membantu mengatas bau pada tempat sampah seperti biji kopi, pasir kucing, serta arang.

Namun, Napelbaum menyarankan menggunakan baking soda. Taburkan baking soda pada bagian bawah tempat sampah guna membantu mencegah dan menyerap bau.

Rapinchuk membuat tablet penyerap baunya sendiri dengan mencampurkan 118 mililiter baking soda, 78 mililiter garam Epsom, 59 mililiter air, dan 10 tetes minyak esensial lemon.

Selanjutnya, tuangkan semua bahan ke dalam baki es batu hingga mengeras dan letakkan ke tempat sampah agar baunya berkurang.  

"Lemon berhasil menyamarkan sebagian atau seluruh bau. Gunakan kulit lemon bersamaan dengan baking soda," imbuh Napelbaum.  

Bersihkan tempat sampah secara rutin

Terakhir, cara mengatasi bau pada tempah sampah dapur adalah membersihkannya secara rutin. Bersihkan bagian dalam tempat sampah secara rutin, kira-kira setiap dua minggu atau setiap kalimelihat ada tumpahan atau bau.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/01/26/182519076/4-cara-mengatasi-bau-pada-tempat-sampah-dapur

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke