Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab dan Cara Mengatasi Bak Cuci Piring Berbau Sampah

Kompas.com - 13/11/2022, 17:40 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com – Dapur bisa menjadi ruangan yang berbau tidak sedap, salah satunya ketika seseorang tengah mengolah ikan dan membuat seluruh dapur berbau amis.

Namun, ada satu hal yang juga bisa membuat dapur berbau tidak sedap, yakni bak cuci piring. Mereka bisa mengeluarkan bau sampah dari saluran pembuangannya.

Baca juga: Seberapa Sering Bak Cuci Piring Harus Dibersihkan?

Dikutip dari The Spruce, Minggu (13/11/2022), ada beberapa hal yang menjadi penyebab bak cuci piring berbau sampah, mulai dari yang berkaitan dengan makanan hingga hal lainnya. Apa saja?

Makanan busuk atau hal lainnya

Ilustrasi wastafel dapur berbahan stainless steel. PIXABAY/BRETT_HONDOW Ilustrasi wastafel dapur berbahan stainless steel.

Bau makanan bisa tercium seperti bau busuk dan menutupi bau dari masalah yang lebih serius. Lemak dan minyak bisa melapisi bagian dalam pipa bak cuci piring.

Mereka dapat menjebak partikel makanan yang seharusnya dibuang. Untuk mengatasinya, ada beragam cara untuk dilakukan, yaitu:

1. Air panas dan sabun cuci piring

Cara pertama dalam mengatasi wastafel bau adalah menutup saluran pembuangannya. Lalu, isi bak cuci piring setengahnya dengan air panas. Kemudian, semprotkan sedikit sabun cuci piring dan cabut penutup saluran pembuangan.

2. Baking soda dan cuka putih

Cara lain untuk dicoba adalah baking soda dan cuka putih. Tuangkan 128 gram baking soda ke dalam saluran pembuangan, diikuti dengan 236 mililiter cuka putih.

Baca juga: Cara Mengatasi dan Mencegah Karat di Bak Cuci Piring Stainless Steel

Diamkan selama 10 menit. Setelah itu, tuangkan sepanci air panas ke dalam saluran pembuangan untuk membantu membersihkan residu baking soda dan kotoran lainnya.

3. Kulit jeruk, es batu, dan garam

Buang beberapa es batu dan segenggam garam kosher atau jenis garam lainnya ke dalam saluran pembuangan. Nyalakan keran air selama 10-15 menit.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com