Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tren yang Membuat Rumah Lebih Mudah Diakses

Kompas.com - 16/01/2023, 15:50 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Membuat rumah lebih mudah diakses merupakan ide bagus dan memberikan sejumlah kemudahan. 

Ruang yang mudah diakses tidak hanya membuat rumah lebih mengundang dan fungsional bagi orang-orang dari segala usia dan kemampuan, tetapi juga membuatnya lebih mudah dipasarkan jika berencana menjual rumah pada masa depan. 

Baca juga: 9 Tren Desain Interior Rumah yang Berakhir pada 2023

Ada beberapa tren saat ini yang benar-benar dapat membuat rumah lebih mudah diakses serta menarik. 

Danielle Clayton, desainer utama di DH Designs, mengatakan tren desain interior yang mudah diakses menguntungkan banyak orang dan menjadikannya benar-benar inklusif.

Nah, berikut enam tren yang membuat rumah lebih mudah diakses dikutip dari The Spruce, Senin (16/1/2023). 

Baca juga: 6 Tren Desain Kamar Mandi 2023 Teratas Menurut Desainer Interior

Ruang konsep terbuka

Ilustrasi meja kaca, ilustrasi ruang berkonsep terbuka, ilustrasi ruangan.SHUTTERSTOCK / Jonathan Park Ilustrasi meja kaca, ilustrasi ruang berkonsep terbuka, ilustrasi ruangan.
Salah satu tren terbesar dalam desain rumah selama beberapa dekade terakhir adalah pergeseran ke arah ruang konsep terbuka yang besar.

Clayton mengatakan hal itu akan tetap ada. Dia mencatat desain yang bijaksana dan fungsional sangat penting di area lalu lintas tinggi di rumah seperti dapur, ruang tamu, dan ruang makan.

Desain konsep terbuka adalah cara mudah membuat ruangan lebih mudah diakses orang-orang yang hidup dengan berbagai disabilitas yang berbeda. 

Baca juga: 5 Hal yang Diperhatikan Tamu Saat Berkunjung ke Rumah Anda

Otomatisasi rumah

Teknologi telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir dan otomatisasi pintar telah masuk ke hampir setiap bagian desain rumah.

Mulai dari, keran tanpa sentuhan, pencahayaan pintar, hingga pengatur suhu. Para ahli setuju bahwa otomatisasi rumah merupakan bagian integral dalam membuat ruangan lebih mudah diakses banyak orang yang hidup dengan disabilitas.

"Dengan sistem rumah pintar, jadwal dan pengaturan yang telah ditentukan sebelumnya dapat diprogram untuk lampu, perawatan jendela, kunci pintu dan jendela, serta peralatan," imbuh Sarah Barnard, desainer interior dari Sarah Barnard Design.

Barnard menambahkan mengoperasikan sistem ini dari jarak jauh atau memprogramnya ke jadwal harian dapat menawarkan penyesuaian dan kemudahan penggunaan untuk menyesuaikan dengan berbagai kebutuhan pribadi. 

Baca juga: 8 Kesalahan Desain yang Membuat Rumah Berantakan

Rak terbuka

Ilustrasi rak terbuka di dapur minimalis, desain dapur minimalis.UNSPLASH/COLLOV HOME DESIGN Ilustrasi rak terbuka di dapur minimalis, desain dapur minimalis.
Selanjutnya, tren yang membuat rumah lebih mudah diakses adalah menggunakan rak terbuka. Rak terbuka telah menjadi tren selama beberapa tahun terakhir, terutama di dapur dan area dengan lalu lintas tinggi lainnya seperti ruang mencuci dan ruang keluarga.

Meski beberapa orang menganggap tren ini tidak praktis dipertahankan dalam jangka panjang, Clayton mengatakan ini adalah cara bagus membuat ruang lebih mudah diakses.

"Rak terbuka memungkinkan akses mudah ke barang sehari-hari dan menghilangkan kebutuhan akan gerakan ekstra," katanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com