Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/01/2023, 10:47 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Keran air kamar mandi maupun dapur bisa menjadi lebih kotor karena noda air sadah. Tidak peduli seberapa keras Anda menggosok atau membiarkan produk pembersih Anda, noda membandel tidak akan hilang.

Noda air sadah dapat bermanifestasi dalam dua cara, tetapi memiliki akar penyebab yang sama. 

Kandungan air berbeda-beda di setiap negara bagian, tetapi air sadah mengacu pada sumber dengan banyak magnesium, kalsium, dan mineral terlarut lainnya. Seiring waktu, mineral tersebut akan mengendap ke keran dan peralatan saluran air. 

Baca juga: 3 Cara Membersihkan Keran Air dengan Bahan Alami

Ilustrasi keran airPIXABAY/Mikes-Photography Ilustrasi keran air

Dilansir House Digest, Senin (16/1/2023), kerak akibat buih sabun adalah jenis noda atau endapan air sadah pertama. Asam lemak yang ada di sebagian besar sabun tidak bereaksi dengan baik terhadap mineral terlarut, dan hasil akhirnya adalah lapisan film putih keabu-abuan yang melapisi keran air.

Air panas, seiring waktu, juga dapat bereaksi negatif terhadap mineral, yang menghasilkan penumpukan kerak, bermanifestasi sebagai zat putih tepung di keran.

Meskipun ada banyak retasan dan produk pembersih yang dapat Anda coba dengan berbagai keberhasilan, ada satu cara sederhana, terjangkau, dan sangat mudah untuk menghilangkan noda dari keran air

Gunakan lemon sebagai pembersih

Alih-alih menghabiskan waktu dan uang untuk menguji berbagai produk dan metode untuk menghilangkan noda air sadah, akun TikTok @cleanwith_kayleigh yang menghadirkan konten tips pembersihan menyarankan untuk menggunakan irisan lemon.

Baca juga: Menyiram Tanaman Sebaiknya Menggunakan Air Suling atau Keran?

Dalam video tersebut, Kayleigh hanya memotong lemon menjadi dua dan menggosokkannya ke cerat kerannya.

Meskipun ini hanya efektif untuk bagian bawah cerat, di sinilah kemungkinan besar kerak kapur dan buih sabun mulai terbentuk karena paling sering bersentuhan dengan air dan sabun. Biarkan lemon, lalu seka ceratnya dengan kain dan perhatikan noda air kerasnya hilang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com