Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Cara Mendekorasi Lorong Menjadi Lebih Luas, Terang, dan Mengundang

Kompas.com - 19/12/2022, 19:51 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di antara tantangan desain paling sulit adalah mencari tahu apa yang harus dilakukan dengan lorong, terutama jika lorong tersebut dalam kondisi gelap dan sempit. 

Mendekorasi lorong atau ruangan dengan luasan terbatas merupakan hal sangat sulit dan menghabiskan banyak waktu.

Namun, dilansir dari Hunker, Senin (19/12/2022), ada beberapa cara mendekorasi lorong menjadi tampak lebar, hangat, terang, dan mengundang. 

Baca juga: 5 Ide Mendekorasi Lorong Rumah yang Cantik dan Menakjubkan 

Gunakan cermin

Ilustrasi cermin.SHUTTERSTOCK / Followtheflow Ilustrasi cermin.
Dalam hal memperluas ruang visual, menggunakan permukaan reflektif adalah cara terbaik.  Pertimbangkan menambahkan satu cermin besar atau beberapa cermin kecil ke tengah lorong untuk memperluas garis pandang Anda.  

Gunakan ruang penyimpanan dinding

Jika memiliki lorong yang sempit dan membutuhkan lebih banyak ruang untuk sepatu, topi, dan tas, tambahkan penyimpanan pada dinding. 

Pilih penyimpanan yang lebarnya sempit dan tinggi untuk memberikan ilusi lebih banyak ruang sekaligus menyediakan ruang penyimpanan yang luas.  

Baca juga: 6 Tips Merapikan dan Menjaga Area Lorong Tetap Teratur

Terangi ruangan

Pencahayaan dapat membuat atau menghancurkan ruangan mana pun, terutama lorong sempit. Namun, menggunakan banyak cahaya dapat memperbesar tampilan ruang.

Pencahayaan track (merupakan lampu dipasang atau digantung pada sebuah trek pada plafon atau plafon dengan bidang linier yang berisi beberapa titik cahaya) adalah solusi sangat baik untuk masalah gaya ini karena memungkinkan Anda menargetkan sudut ruang paling dalam dan gelap. 

Cat dinding 

Cat lorong dengan warna terang agar terlihat terbuka dan lebih lapang. Pilih warna-warna terang, terutama jika cat menawarkan sedikit kemilau untuk memantulkan semua cahaya. 

Baca juga: 6 Ide Dekorasi Lorong untuk Meningkatkan Tampilan Ruangan 

Tambahkan warna pada trim

Selain warna dinding, trim warna yang Anda pilih juga dapat membuka ruang. Pilih warna dengan corak yang melengkapi dinding untuk menambahkan lapisan kedalaman yang menarik pada desain Anda.  

Tambahkan karya seni

Ilustrasi lukisan.UNSPLASH / Steven Ungermann Ilustrasi lukisan.
Karya seni juga dapat memperluas ruang visual jika dilakukan dengan benar. Karya seni di kedua sisi lorong akan membuat dinding tampak lebih rapat. Sebaliknya, tetap berpegang pada satu sisi untuk memaksimalkan potensi ruang Anda. 

Baca juga: Trik Mendekorasi Ruangan Sempit agar Lebih Nyaman 

Pasang rak tersembunyi

Segelintir dekorasi dapat memberikan keajaiban untuk menambah kepribadian ke lorong sempit, tetapi menampilkannya di rak yang menonjol dari dinding membuat ruang Anda terlihat lebih sempit.

Sebagai gantinya, cobalah rak tersembunyi. Ini akan membuat lorong bebas karena menampilkan item dekorasi favorit Anda. Tambahkan juga lampu ke setiap ceruk untuk membuat lorong makin luas. 

Pilih furnitur yang tinggi dan minimalis

Jika menginginkan tampilan lorong yang terbuka lebar, penting untuk tidak memiliki furnitur besar yang menghalangi aliran visual.

Maka itu, gunakan konsol dengan kaki tinggi dan desain minimalis agar visual Anda mengalir dengan bebas. 

Baca juga: 6 Posisi Terbaik Meletakkan Diffuser Aroma di Ruangan 

Gunakan lantai warna terang

Sama dengan dinding berwarna terang yang dapat membuka ruang, begitu pula lantai yang terang. Jika bisa, pertimbangkan memasang lantai kayu bercat putih. 

Ini akan membuat plafon terlihat lebih tinggi dan sangat apik saat melakukannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com