Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ide Dekorasi Lorong untuk Meningkatkan Tampilan Ruangan

Kompas.com - 08/09/2021, 20:17 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Area lorong cenderung diabaikan karena sering sempit dan gelap. Namun, lorong adalah garis tembus sebuah rumah, yang menghubungkan dan menuntun Anda dari kamar ke kamar.

Sama dengan ruang tamu, koridor ini harus mencerminkan gaya pribadi Anda, apakah itu modern, timeless, atau menggabungkan keduanya. 

Baca juga: Mudah, Ini 10 Cara Mendekorasi Ulang Ruangan

Namun, jika tidak yakin bagaimana mendekorasi lorong, Anda tidak sendirian. Karena kurangnya ruang lantai dan dinding, tidak selalu mudah untuk membayangkan bagaimana menambahkan detail sebenarnya bisa membuat lorong terasa lebih terbuka dan elegan.

Untuk menawarkan beberapa inspirasi, beberapa desainer interior membagikan beberapa trik mendekorasi lorong, dari warna cat, furnitur, cermin, hingga wallpaper

Melansir dari Real Simple, Rabu (8/9/2021), berikut ini ide dekorasi lorong terbaik untuk meningkatkan tampilan ruangan

Baca juga: Cara Mendekorasi Ruang Kerja Berdasarkan Zodiak 

Tempatkan furnitur lorong yang nyaman

Desainer Courtney Sempliner mengatakan daripada menganggap lorong sebagai ruang tembus pandang, mulailah memperlakukannya sebagai pengantar acara utama.

Dia mengatakan, untuk menciptakan suasana nyaman untuk dihuni, lorong perlu didekorasi. Anda dapat menambahkan wallpaper dan furnitur aksen yang memukau seperti kursi dan meja samping.

"Sebuah lorong juga harus menjadi cerminan dari apa yang akan datang, apakah itu lorong masuk ke rumah atau penghubung antarruang tamu," jelas Sempliner. 

Baca juga: 11 Tips Sukses Mendekorasi Rumah Minimalis 

Cat lorong 

Lorong sempit bisa menjadi tantangan untuk mendesainnya, terutama jika tidak ada cahaya alami.

Namun, desainer Lucinda Loya memberikan ide dekorasi lorong dengan menggunakan warna yang lebih terang pada dinding lorong sehingga membuat ruang lebih terbuka dan tidak menyempit.

"Untuk lorong yang lebih kecil, saya suka memilih nada tulang atau krem. Warnanya memungkinkan lebih banyak kesempatan dengan seni, instalasi, atau aksesori."kata Loya. 

Baca juga: 9 Tips Mendekorasi Rumah Minimalis 

Tampilkan koleksi

Desainer Becky Shea mengatakan lorong adalah tempat sempurna untuk memajang koleksi barang-barang unik Anda.

"Memilih item yang secara halus mengisyaratkan estetika Anda dengan cara sederhana sangat penting dalam mencapai tampilan yang terasa dikuratori dengan cermat," jelas Shea.

Lebih lanjut, Shea mengatakan lorong adalah titik koneksi antara beberapa ruangan di rumah. Melapisi buku yang tepat, aroma lilin, elemen pahatan, dan vas membantu mencapai keseimbangan sekaligus memikat semua indra. 

Baca juga: 5 Cara Mendekorasi Dinding Belakang Sofa 

Tambahkan perlengkapan pencahayaan lorong

Pencahayaan yang bagus akan langsung meningkatkan tampilan lorong.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com