Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/12/2022, 09:12 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna dapur bisa apa saja, sesuai dengan selera dan gaya desain dapur yang Anda inginkan. Akan tetapi, para profesional real estat memiliki pendapat tersendiri mengenai warna dapur terbaik.

Beberapa dari mereka menyatakan putih adalah warna terbaik untuk dapur. Mengapa demikian? Berikut penjelasannya, dikutip dari The Kitchn, Minggu (11/12/2022).

Menurut Leslie VanDerven, penasihat desain interior strategis di Real Estate Bees, warna cat dapur terbaik adalah putih. Putih menandakan kebersihan dan kesucian.

Baca juga: Simak, Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Lantai Vinyl di Dapur

Ilustrasi dapur industrial, dapur bergaya modern. SHUTTERSTOCK/NATALIALAVRIVNEDASHKIVSKA Ilustrasi dapur industrial, dapur bergaya modern.

Putih adalah latar belakang yang sempurna untuk aksen warna-warni seperti tempat perkakas, ubin, buah-buahan, dan sayuran. VanDerVen menyarankan untuk menghindari menggunakan terlalu banyak warna merah, karena warna merah terlalu 'panas' di dapur.

Adapun menurut Kate Wollman-Mahan, agen properti di Coldwell Banker Warburg, dapur adalah salah satu area rumah yang paling penting, dan sebaiknya jaga agar skema warna tetap netral seperti putih, abu-abu, dan kelabu tua.

Meskipun demikian, jika sesuai dengan gaya rumah, lemari yang dicat dengan warna biru-abu-abu atau hijau-abu-abu yang halus bisa sangat populer dan menambahkan sedikit warna. Warna ini cocok digunakan sebagai aksen, seperti di meja dapur, sementara bagian dapur lainnya tetap netral.

Selain itu, Wollman-Mahan, pemilik rumah juga harus ingat bahwa kualitas lapisan cat sangat penting.

Baca juga: Jangan Buang Beras dan Tepung di Wastafel Dapur, Ini Bahayanya

Sementara itu, Amber Shay, National VP of Design Studios di Meritage Homes, putih selalu menjadi warna pilihan untuk ruang dapur di apartemen dan rumah kecil. Menjaga agar tetap terang dan cerah selalu merupakan pilihan yang aman dan tak lekang oleh waktu serta akan membuat ruangan terasa lebih besar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com