Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Tanaman Hias FLOII Convex 2022 Resmi Digelar

Kompas.com - 14/10/2022, 21:30 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pameran tanaman hias Floriculture Indonesia International Convex (FLOII) 2022 resmi digelar di Hall A Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada 14-16 Oktober 2022.

Acara bertajuk “Empowering Mindscape and Transforming Indonesian Tropical Plants Industry” ini digelar Perhimpunan Florikultura Indonesia (PFI) dan Indonesian Aroid Society (IAS) yang bekerja sama dengan QUAD Event.

Baca juga: Segera Hadir, Pameran Tanaman Hias Internasional di JCC

Berdasarkan keterangan pers yang diterima Kompas.com, Jumat (14/10/2022), pembukaan dilakukan Menteri Sosial Tri Rismaharini.

“Ini sudah lama saya tunggu momentumnya, bagaimana kita bisa mengangkat kekayaan Indonesia dalam percaturan ekonomi dunia,” ujarnya.

Melalui pameran dan konferensi tanaman hias ini, masyarakat dapat menyaksikan berbagai macam koleksi tanaman hias dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan mancanegara.

Beberapa jenis tanaman hias yang turut meramaikan acara ini, di antaranya bunga anggrek, aglonema, aroid, dan philodendron.

Baca juga: Mengapa Pot Anggrek Harus Berlubang?

Ketua Umum PFI Rosy Nur Apriyanti menuturkan penyelenggaraan acara ini diharap bisa membangun ekosistem industri tanaman hias di Indonesia yang solid dan berkelanjutan.

Ia berharap semua pemangku kepentingan di sektor tanaman hias, seperti pencinta tanaman hias, pengusaha, hingga akademisi, bertemu untuk mendukung kemajuan industri tanaman hias Indonesia.

“Ini sejalan dengan misi PFI untuk menyadarkan publik mengenai pentingnya tanaman hias sebagai komponen lingkungan,” papar Rosy. 

Baca juga: 4 Cara Merawat Tanaman Hias Indoor agar Tidak Cepat Layu

Beragam acara menarik di FLOII Convex 2022

Ilustrasi tanaman hias Monstera dan Calathea orbifolia di dalam ruangan. SHUTTERSTOCK/IGOR STROMYK Ilustrasi tanaman hias Monstera dan Calathea orbifolia di dalam ruangan.

Ada berbagai macam acara menarik yang diselenggarakan dalam FLOII Convex 2022. Pada hari pertama pameran, ada konferensi bertajuk “Pengembangan Industri Tanaman Hias Indonesia yang Andal dan Berkelanjutan – Government Grand Design”.

Konferensi ini dimeriahkan sejumlah narasumber menarik seperti Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Didi Sumedi dan Sekretaris Direktorat Jenderal (Ditjen) Ditjen Hortikultura Kementerian Pertanian Retno Sri Hartati.

Baca juga: Cara Simpel untuk Membuat Daun Aglonema Mengilap

Untuk hari kedua, ada sesi konferensi edukatif bertajuk “Keberlanjutan Keanekaragaman Hayati Indonesia dalam Usaha Tanaman Hias” dan “Peningkatan Akses ke Pasar Global Tanaman Hias Melalui Standarisasi dan Penilaian Kesesuaian”.

Kemudian “Pengembangan Export Hub Dalam Mendukung Industri Tanaman Hias” dan talk show “History of Kunzo” yang menghadirkan Kunzo Nishihata selaku Japanese plant enthusiast.

Acara lainnya, lelang tanaman yang menampilkan beragam tanaman unik dan langka, salah satunya tanaman langka pertama di Indonesia yang baru dimiliki kurang dari lima orang.

Baca juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini 5 Perbedaan Tanaman Photos dan Philodendron

Ilustrasi tanaman hias Calathea pinstripe (Calathea ornata) di dalam ruangan. SHUTTERSTOCK/SUWIT RATTIWAN Ilustrasi tanaman hias Calathea pinstripe (Calathea ornata) di dalam ruangan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com