Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tanaman Hias yang Mudah Dirawat, Cocok untuk Pemula

Kompas.com - 12/09/2022, 07:47 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anda tidak harus piawai dalam merawat tanaman hias untuk memiliki koleksi tanaman hias yang indah di rumah. Jika Anda sibuk dan tak punya banyak waktu untuk merawat tanaman hias, jangan khawatir.

Ada banyak tanaman hias yang mudah dirawat dan cocok untuk pemula. Tanaman ini dengan sabar bertahan dalam kondisi yang keras, memaafkan kelalaian dan kesalahan kecil Anda.

Jika Anda lupa menyiram, menyiramnya terlalu banyak atau menghindari transplantasi, tanaman ini tidak akan keberatan, bahkan untuk beberapa waktu.

Baca juga: Cara Membuat Media Tanam yang Subur untuk Ragam Tanaman Hias

Ilustrasi tanaman hias lucky bamboo atau bambu rejeki.SHUTTERSTOCK/96 CREATIVE GRAPHICS Ilustrasi tanaman hias lucky bamboo atau bambu rejeki.

Namun, ingat bahwa tidak ada tanaman yang tidak bisa mati. Anda harus memberi setidaknya kondisi pertumbuhan minimum yang diperlukan untuk kelangsungan hidup tanaman.

Dikutip dari Balcony Garden Web, Senin (12/9/2022), berikut beberapa tanaman hias yang mudah dirawat dan cocok untuk pemula.

1. Bambu rejeki (Dracaena sanderiana)

Bambu rejeki sama sekali bukan tanaman bambu, melainkan bagian dari genus Dracaena. Bambu rejeki adalah tanaman hias yang mudah dirawat.

Berikan saja air yang melimpah dan tanaman ini akan tumbuh dengan baik bahkan dalam cahaya tidak langsung. Lindungi tanaman dari angin, berikan pupuk zat besi sesekali.

Baca juga: 12 Tanaman Hias yang Memiliki Manfaat Kesehatan

2. Tanaman giok (Crassula ovata)

Ketika ditanam di dalam ruangan, tanaman giok mencapai ukuran seperti semak kecil. Letakkan tanaman di tempat yang menerima sinar matahari sebagian atau tidak langsung.

Tanaman ini sangat toleran terhadap tanah yang buruk dan daun serta batangnya yang tebal berfungsi sebagai penampung air. Fitur ini menjadikannya salah satu tanaman hias indoor terbaik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com