Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/08/2022, 10:21 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS. com - Memilki balkon di rumah memberikan sejumlah keuntungan selain meningkatkan nilai jual rumah

Balkon bisa digunakan untuk tempat bersantai, berjemur, berkumpul, ruang tamu tambahan di luar rumah, bahkan menjadi area berkebun

Baca juga: 5 Jenis Tanaman untuk Membuat Taman yang Indah di Balkon Rumah

Keberadaan tanaman di balkon tidak hanya memberi keteduhan, tapi juga kesegaran serta ketenangan.

Bahkan tanaman ini dapat memberikan privasi pada balkon rumah sehingga Anda bisa bebas dan nyaman melakukan kegiatan tanpa khawatir orang luar memperhatikan. 

Lantas, tanaman hias apa saja yang bisa ditanam atau diletakkan di balkon? 

Dikutip dari Petal Republic, Jumat (26/8/2022), berikut enam tanaman hias terbaik untuk balkon rumah, baik itu tanaman bunga maupun pohon

Baca juga: 6 Tanaman Warna-warni yang Dapat Mempercantik Balkon Rumah

Melati

Melati bisa ditanam di dalam rumah atau di pekarangan agar terkena air hujan.Pixabay/Capri23auto Melati bisa ditanam di dalam rumah atau di pekarangan agar terkena air hujan.
Tanaman bunga melati tumbuh sebagai tanaman merambat dan semak. Tanaman melati dapat gugur atau hijau sepanjang tahun, tergantung pada varietasnya.

Melati menghasilkan daun hijau subur dan bunga putih berlimpah saat mekar. Ini tentu saja dapat memberi pemandangan cantik dan keharuman di balkon.

Aroma itu semakin kuat setelah matahari terbenam. Namun sebelum memilih varietas melati yang merupakan tanaman merambat, pastikan menyediakan teralis sebagai penyangga. 

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Bunga Melati agar Berbunga Lebat

Begonia 

Begonia memiliki bunga dan daun tanaman yang sama indahnya. Bunga begonia hadir dalam aneka warna, dari putih, pink, merah, oranye, hingga kuning. 

Tanaman bunga begonia dapat tumbuh dalam wadah kecil, tapi Anda bisa menggunakan  wadah lebih besar untuk balkon. 

Geranium 

Pelargonium citrosum atau citronella geranium memiliki bau seperti minyak citronella yang efektif sebagai tanaman pengusir
 serangga.SHUTTERSTOCK/OXANOCHKA2003 Pelargonium citrosum atau citronella geranium memiliki bau seperti minyak citronella yang efektif sebagai tanaman pengusir serangga.
Selanjutnya, tanaman hias terbaik untuk balkon adalah geranium. Ada lebih dari 400 spesies dan kultivar geranium. Bunga geranium datang dalam berbagai musim dan merupakan pilihan fantastis untuk taman kontainer di balkon rumah yang cerah. 

Geranium menampilkan dedaunan lebar dengan bunga berwarna warni, di antaranya merah, merah anggur, pink, ungu, persik, dan putih.

Geranium juga membawa makna dan simbolisme yang kaya serta aroma yang harum mirip bunga mawar, tetapi dengan sentuhan jeruk.  

Baca juga: 8 Tanaman Hias Terbaik untuk Balkon, Bambu hingga Geranium

Bugenvil

Bugenvil atau bunga kertas adalah tanaman cuaca hangat yang benar-benar menakjubkan saat mekar. Tanaman bugenvil paling sering terlihat tumbuh sebagai tanaman merambat yang dapat menutupi pagar dan teralis dengan bunga magenta-pink.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com