Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/09/2022, 14:45 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias tidak hanya menjadi dekorasi yang cantik, tapi juga memberikan dampak postif pada kesehatan bila diletakkan di dalam rumah

Dilansir dari Balcony Garden Web, Rabu (7/9/2022), tanaman hias dalam rumah dapat meningkatkan kesehatan dan suasana hati, menurunkan stres, hingga meningkatkan kualitas tidur.

Namun, tidak semua tanaman hias bermanfaat saat diletakkan di rumah. Rupanya, hanya beberapa tanaman hias. Berikut sejumlah tanaman hias yang dapat memberi manfaat kesehatan saat diletakkan di dalam rumah. 

Baca juga: 8 Pilihan Tanaman Hias Harum yang Dapat Membuat Rumah Wangi Alami  

Lidah buaya

Ilustrasi tanaman lidah buayaUnsplash/Stephanie Harvey Ilustrasi tanaman lidah buaya
Tanaman lidah buaya membantu menjaga udara dalam ruangan tetap bersih serta mengobati luka bakar dan ruam ringan karena bersifat anti-inflamasi dan analgesiknya. 

Kemangi 

Kemangi menggandung vitamin, mineral, dan berbagai antioksidan. Kemangi bermanfaat membantu mengurangi stres oksidatif dan mencegah tumor yang diinduksi karsinogen. 

Tanaman laba-laba

Tanaman laba-laba atau spider plant terdaftar dalam Studi Udara Bersih NASA. Sebuah penelitian menemukan bahwa tanaman laba-laba dapat menghilangkan 95 persen senyawa beracun dari ruang Plexiglas yang disegel dalam 24 jam. 

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Menyukai Cahaya Matahari Minim dan Tidak Langsung 

Lavender

Lavender memiliki aroma yang menenangkan dan lembut yang dapat membantu menghilangkan rasa cemas dan stres serta membantu tidur.  

English ivy

Ilustrasi tanaman hias English Ivy. SHUTTERSTOCK/PHUTTHARAK Ilustrasi tanaman hias English Ivy.
Menurut sebuah studi oleh Departemen Zoologi, St. Joseph's College, Darjeeling, India, English ivy memiliki efek antioksidan, antispasmodik, serta antialergi. Satu penelitian membuktikan bahwa kandungan tersebut bisa mengurangi masalah jamur di rumah. 

Palem

Tanaman palem mini memiliki tingkat transpirasi tertinggi di antara beberapa tanaman hias sehingga membuat udara lembap yang dapat mencegah asma, sinusitis, bronkitis, serta kulit kering dan keriput. 

Baca juga: 8 Tanaman Hias Indoor Ini Mampu Redakan Masalah Pernapasan 

Lidah mertua

Tanaman hias penghasil oksigen yang hebat ini dapat menyerap racun berbahaya dari udara dalam ruangan dan mengurangi alergi di udara. 

Rosemary

Tanaman herbal ini telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan tradisional untuk meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.   

Baca juga: 6 Tanaman Hias Terbaik untuk Balkon Rumah

Peace lily

Selain memurnikan udara, tanaman elegan ini juga menyerap uap aseton yang biasa ditemukan pada cat rumah serta menghilangkan kemungkinan tekanan darah rendah dan sakit kepala. 

Pakis boston

Pakis juga merupakan salah satu tanaman dalam ruangan yang baik untuk kesehatan dengan membantu meningkatkan kelembapan udara.SHUTTERSTOCK/BENOIT BRUCHEZ Pakis juga merupakan salah satu tanaman dalam ruangan yang baik untuk kesehatan dengan membantu meningkatkan kelembapan udara.
Ini adalah salah satu tanaman pemurni udara terbaik yang bisa ditanam di rumah. Pakis Boston juga disebut sebagai pelembap alami dan membantu menghilangkan masalah kulit kering. 

Baca juga: 6 Langkah Sederhana agar Tanaman Hias Tetap Hidup dan Berkembang 

Pothos

Menurut sebuah studi oleh Asian Pacific Journal of Tropical Medicine, pothos membantu memperkuat memori dan meningkatkan konsentrasi.

Gerbera daisy

Tanaman hias bunga gerbera daisy membantu meningkatkan oksigen dalam ruangan sehingga membantu tidur lebih baik dan membersihkan formaldehida dari udara dalam ruangan

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com