Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TACO Kantongi Sertifikat TKDN Sebagai Merek Nasional Premium

Kompas.com - 04/10/2022, 21:47 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comTACO Group, perusahaan Indonesia yang bergerak dalam bidang solusi interior, berhasil mendapatkan sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Berdasarkan keterangan pers yang diterima Kompas.com, Selasa (4/10/2022), sertifikasi TKDN merupakan pengakuan bahwa pihak TACO adalah Merek Nasional Premium.

Baca juga: TACO Kolaborasi dengan Desainer Interior Ternama di TCOI 2022

Perusahaan yang memproduksi beragam produk seperti high pressure laminates (HPL), PVC sheet, serta lantai vinil dan SPC ini juga memenuhi rangkaian sertifikasi lainnya, di antaranya mencakup Standar Nasional Indonesia (SNI), International Organization for Standardization (ISO), Top Brand, dan Singapore Green Label.

Vice President Brand Marketing & Corp. Communication TACO, Anastasia Tirtabudi, mengatakan sertifikasi TKDN merupakan bukti komitmen pihaknya untuk terus berinovasi menghadirkan produk interior terbaik menggunakan komponen lokal. 

Baca juga: 5 Cara Menciptakan Kesan Pertama yang Indah pada Rumah Lewat Eksterior

“TKDN sendiri merupakan penilaian tentang besarnya tingkat komponen dalam negeri pada barang, jasa, serta gabungan barang dan jasa, yang telah dipenuhi persyaratannya oleh TACO,” terangnya.

Menurut Anastasia, pencapaian ini menjadi salah satu bentuk upaya pihaknya mendukung program pemerintah tentang penyerapan tingkat kandungan dalam negeri pada produk yang dipasarkan. 

Baca juga: 4 Cara Sederhana Memperbarui Tampilan Rumah dengan Biaya Minim

Motivasi untuk terus membangun pasar solusi interior

Ilustrasi penggunaan bahan high pressure laminate (HPL) pada pintu lemari dapur. SHUTTERSTOCK/B BROWN Ilustrasi penggunaan bahan high pressure laminate (HPL) pada pintu lemari dapur.

TACO adalah salah satu perusahaan manufaktur dan distribusi terbesar untuk HPL di Indonesia. Sertifikasi TKDN, ujar Anastasia, memotivasi pihaknya untuk terus membangun pasar solusi interior di Indonesia. 

Adapun pembangunan pasar solusi interior melalui distribusi kepada para pegiat furnitur, jasa interior, serta proyek residensial dan komersial di seluruh Indonesia.

Selain HPL, PVC Sheet, serta lantai vinil dan SPC, TACO juga menghadirkan beragam solusi interior seperti edging, perangkat keras, dan lem kuning serbaguna.

“Sertifikasi ini juga menjadi motivasi untuk mempertahankan kualitas produk yang sudah disesuaikan dengan pasar Indonesia,” ungkap Anastasia.

Baca juga: TACO Hadirkan Berbagai Perlengkapan untuk Rumah Mungil

Memperhatikan pegiat industri kreatif

TACO turut memperhatikan pegiat industri kreatif, dari seniman hingga pelaku UMKM furnitur dan jasa interior di seluruh Indonesia. Sejak 2021, mereka telah mendirikan program Mitra TACO.

Selama satu tahun, mereka telah mewadahi sebanyak lebih dari 3.000 pelaku usaha di bidang furnitur dan jasa interior di 50 kota di Indonesia.

Baca juga: Bangun Optimisme di Tengah Pandemi, Taco Hadirkan Lagi Pameran Kreatif

Dukungan juga ditunjukkan melalui pelatihan secara daring kepada Mitra TACO di berbagai daerah untuk memberi kiat-kiat dalam mengembangkan usaha serta peningkatan kreativitas bagi pegiat furnitur.

Hal-hal tersebut berhasil membuat TACO menyabet penghargaan CSR Award pada kategori UMKM dari TOP CSR Award 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com