Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/10/2022, 21:12 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Setiap orang ingin pakaian tetap dalam kondisi bagus selama disimpan di lemari. 

Namun, ada kalanya beberapa pakaian justru rusak dan memiliki banyak lubang kecil karena digigit ngengat.

Baca juga: 4 Cara Menghias Lemari Pakaian dan Membuatnya Lebih Menonjol

Disadur dari Real Simple, Selasa (4/10/2022), ngengat adalah serangga berukuran kecil yang tumbuh subur di area gelap dan sepi seperti lemari pakaian, ruang bawah tanah, dan loteng. 

Keberadaan ngengat di lemari pakaian bisa merusak pakaian dan kain, terutama jika pakaian memiliki sel kulit mati mikroskopis atau remah makanan yang menempel. 

Ahli Entomologi Ekstensi di University of Kentucky, Amerika Serikat, Black Newton, mengatakan, ngengat dapat merusak pakaian, tapi tidak benar-benar memakan pakaian. Sebaliknya, bayi ngengatlah yang memakan pakaian. 

Baca juga: 3 Bahan Pakaian yang Tidak Boleh Dibersihkan dengan Baking Soda

Ilustrasi lemari pakaian anak, Ilustrasi lemari pakaian.Shutterstock/Kostikova Natalia Ilustrasi lemari pakaian anak, Ilustrasi lemari pakaian.

Newton menjelaskan, ngengat di lemari bertelur di kain, lalu ulat akan menetas dari telur dan mengunyah pakaian. 

“Mereka hanya akan memakan bahan hewani seperti wol dan kasmir karena ulat membutuhkan protein hewani dari kain untuk tumbuh dan berkembang,” ucapnya. 

Nah, berikut sejumlah cara mencegah ngengat merusak pakaian.

Baca juga: 5 Cara Memilih Lemari Pakaian yang Tepat 

Bersihkan pakai penyedot debu

Profesor Entomologi di College of Agricultur di University of Kentucky, Mike Potter, mengatakan membersihkan lemari pakaian efektif membasmi larva ngengat.

“Menyedot debu secara efektif menghilangkan larva yang sudah ada serta rambut dan serat yang dapat mendukung serangan ngengat pada masa depan,” ujarnya. 

Selain membersihkan lemari pakai penyedot debu, bersihkan pula tepian karpet di sepanjang papan lis, bawah furnitur, atau area gelap lainnya.

Setelah menyedot debu di area-area tersebut, segera buang isi kantong penyedot debu karena bisa mengandung ngengat dewasa, telur, atau larvanya.

Baca juga: 3 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Membangun Lemari Pakaian Dinding 

Gunakan sikat pakaian

Ilustrasi lemari pakaian yang berantakan. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO Ilustrasi lemari pakaian yang berantakan.

Menurut Department of Agriculture and Natural Resources di University of California, AS, menyikat pakaian dengan sikat khusus adalah salah satu cara menghilangkan serta menghancurkan telur dan larva ngengat. 

Caranya, meletakkan semua barang-barang di bawah sinar matahari, llau sikat secara menyeluruh. Beri perhatian khusus pada jahitan, lipatan, dan kantong.

Baca juga: Cara Menata Lemari Pakaian di Kamar Tidur Menurut Feng Shui

Jangan menyimpan pakaian kotor

Meski baru digunakan selama satu atau dua jam, pakaian tetaplah kotor. Jadi, jangan langsung disimpan hanya karena tidak terlihat ada kotoran atau debu.

Sebaiknya, cuci dan keringkan pakaian terlebih dulu untuk menghilangkan kotoran dan minyak, yang mana keduanya dapat menarik perhatian serangga.

Pest Management Program di University of California menyarankan mencuci pakaian selama 20-30 menit di dalam air bersuhu setidaknya 48 derajat Celsius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com