Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Menata Lemari Pakaian untuk Memperluas Ruang Penyimpanan

Kompas.com - 17/07/2022, 18:42 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendapati lemari pakaian yang berantakan sering kali membuat pusing, bahkan stres.

Untuk itu, penting menata lemari pakaian dengan baik. Menata lemari pakaian tidak hanya membuat rapi, tetapi juga membebaskan Anda dari kekacauan dan memudahkan pencarian, terlebih saat sedang terburu-buru. 

Selain itu, lemari pakaian yang bebas kekacauan dalam jangka panjang dapat mencegah Anda menghabiskan uang berlebih seperti tidak lagi membeli barang yang tidak dibutuhkan. 

Baca juga: 4 Penyebab Lemari Pakaian Berjamur dan Cara Mengatasinya

Namun, menata lemari pakaian bagi banyak orang sering kali dianggap melelahkan, rumit, bahkan membuat stres. 

Untungnya, dengan ide organisasi lemari yang tepat, dapat membantu Anda menciptakan penataan lemari pakaian yang lebih mudah serta bebas stres.

Ashley Murphy dan Marissa Hagmeyer, ahli pengorganisasian dan salah satu pendiri NEAT Method—perusahaan pengorganisasian rumah mewah terbesar dengan penyelenggara profesional di seluruh AS dan Kanada— membagikan kiat terbaik menata lemari pakaian yang dapat memperluas ruang penyimpanan dikutip dari Martha Stewart, Minggu (17/7/2022). 

Baca juga: 5 Tips Menghindari Stres Saat Merapikan Lemari Pakaian

Lakukan pembersihan

Ilustrasi lemari pakaian, ilustrasi pintu lemari geserShutterstock/Ilija Erceg Ilustrasi lemari pakaian, ilustrasi pintu lemari geser
Anda tidak perlu berbelanja secara royal pada custom built-in yang mahal untuk mendapatkan tampilan yang terorganisir.

Murphy mengatakan hal pertama yang perlu dilakukan ketika mengatur lemari pakaian adalah mengeluarkan semua isinya untuk membantu Anda mendapatkan visual yang jelas dari area tersebut dan memperhitungkan semua yang dimiliki.

Selain itu, memudahkan memeriksa barang-barang serta memutuskan apa yang harus disimpan dan apa yang harus dipisahkan. 

Baca juga: 4 Jenis Kain yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Lemari Pakaian 

Merapikan pakaian 

Selanjutnya, mulailah melakukan decluttering. Ini bisa menjadi hal menantang bagi sebagian orang karena bingung menentukan barang mana yang harus dibuang atau disimpan.

Untuk menghindari kebingungan, Murphy menyarankan melepaskan barang-barang yang tidak Anda pakai dalam setahun terakhir, rusak, atau tidak lagi pas.

"Kami selalu menyarankan untuk mengirim atau menyumbang pakaian sebelum membuang apa pun," tambah Murphy. 

Baca juga: 5 Cara Memaksimalkan Ruang Penyimpanan pada Lemari Pakaian  

Mulai menyortir

Ilustrasi merapikan pakaian, ilustrasi decluttering atau menyingkirkan barang-barang yang sudah tidak dibutuhkan sebagai bagian dari gaya hidup minimalis. Shutterstock/Andrey_Popov Ilustrasi merapikan pakaian, ilustrasi decluttering atau menyingkirkan barang-barang yang sudah tidak dibutuhkan sebagai bagian dari gaya hidup minimalis.
Setelah jelas tentang pakaian dan aksesori yang disimpan, urutkan ke dalam kategori berdasarkan kemiripan. Misalnya, sepatu, pakaian dalam, pakaian renang, serta perlengkapan olahraga.

Penyortiran adalah langkah yang tidak dapat dinegosiasikan. "trategi ini membantu Anda menentukan berapa banyak item yang dimiliki di setiap kategori dan di mana menempatkan semuanya di lemari," katanya. 

Baca juga: 3 Cara Mencegah Pertumbuhan Jamur pada Lemari Pakaian 

Ukur ruang lemari

Sebelum bergegas keluar untuk membeli produk pengorganisasian seperti keranjang atau tempat penyimpanan tambahan, luangkan waktu mengukur ruang lemari sehingga membeli produk yang benar-benar muat dalam lemari.

Ukur lebar, tinggi, dan kedalaman rak serta laci dalam lemari pakaian. Selain itu, hitung ruang ekstra yang Anda rencanakan untuk digunakan sebagai penyimpanan. 

Baca juga: 6 Tips Mengatur Lemari Pakaian Menurut Para Ahli 

Kategorikan berdasarkan penggunaan

Saat mulai mengatur barang-barang kembali ke lemari pakaian, pertimbangkan barang-barang apa yang Anda ambil secara teratur dan simpan di tempat yang mudah dijangkau.

Untuk item yang lebih jarang digunakan, kata Murphy, atur item tersebut di tempat yang lebih sulit dijangkau seperti rak paling atas atau pojok belakang guna memaksimalkan aksesibilitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com