Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/09/2022, 21:20 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Pet MD

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa pemilik anjing senang mengajak sahabat bulu bermain, berpelukan, bahkan tidur di kasur yang sama dengan mereka. 

Sebab, bulu halus yang dimiliki anjing dapat memberi kehangatan ekstra, terlebih pada musim hujan, serta membuat pemiliknya merasa tenang beristirahat.

Baca juga: 3 Penyebab Anjing Sering Kentut dan Cara Mengatasinya

Pasalnya, anjing peliharaan akan melindungi pemiliknya yang tidur dari hal buruk seperti orang asing menyusup ke rumah

Namun, amankah tidur bersama anjing peliharaan? 

Disadur dari Pet MD, Senin (19/9/2022), tidur dengan anjing peliharaan di kasur yang sama dengan pemiliknya aman dilakukan, asalkan anjing dan pemiliknya dalam keadaan sehat.

Sebuah penelitian bertajuk “The Effect of Dogs on Human Sleep in the Home Sleep Environment” dalam Mayo Clinic Proceedings pada 2017 menyatakan, berbagi kamar tidur dengan anjing peliharaan sebenarnya dapat meningkatkan kualitas tidur pemiliknya.

Baca juga: 13 Fakta American Foxhound, Salah Satu Anjing Pemburu Terbaik

Ilustrasi anjing tidurUnsplash/Joshua Chun Ilustrasi anjing tidur

“Saat ini, banyak pemilik hewan jauh dari mereka hampir sepanjang hari. Jadi, mereka ingin memaksimalkan waktu bersama hewan peliharaan ketika berada di rumah,” kata Lois Krahn, spesialis obat tidur di Center for Sleep Medicine di kampus Mayo Clinic di Arizona, Amerika Serikat (AS). 

Krahn yang turut berpartisipasi dalam penelitian tersebut melanjutkan bahwa memiliki hewan peliharaan di kamar tidur pada malam hari adalah cara termudah menemukan kenyamanan karena tidak akan berdampak negatif pada kualitas tidur.

Baca juga: Plus Minus Mengajak Anjing Peliharaan Tidur di Kasur Pemiliknya

Namun, penelitian tersebut sempat membuat bingung banyak pemilik hewan peliharaan. Sebab, pakar hewan peliharaan sudah sejak lama mengimbau manusia tidak tidur dengan anjing atau kucing peliharaannya.

Ada dua alasan utama di balik hal tersebut, yakni meningkatkan perilaku buruk pada hewan dan menyebabkan penyakit serius pada manusia.

Saat ini, banyak dokter hewan percaya bahwa kekhawatiran atas hal tersebut dilebih-lebihkan atau tidak benar.

Staf dokter di Animal Medical Center, New York City, AS, Ann Hohenhaus, mengatakan perilaku tersebut dapat berdampak negatif pada pemilik dan hewan peliharaan. 

Tidur dengan hewan peliharaan adalah ritual penting bagi banyak orang. Ini tidak perlu dihindari jika pemilik dan hewannya dalam keadaan sehat,” ujar Hohenhaus yang berspesialisasi pada penyakit dalam dan onkologi hewan kecil.

Baca juga: Hindari, Ini 10 Ras Anjing yang Tidak Boleh Tidur Bersama Pemiliknya

Masalah terkait anjing tidur di kasur pemiliknya

Ilustrasi anjing tidur dengan pose supermanUnsplash/Isabela Kronemberger Ilustrasi anjing tidur dengan pose superman

Terlepas dari alasan apa pun, membiarkan anjing atau kucing berada di kasur pemiliknya tidak menyebabkan masalah perilaku.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com