Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Meredam Kebisingan di Rumah dengan Tanaman

Kompas.com - 15/09/2022, 23:14 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suara yang berisik dari luar rumah sering kali mengganggu waktu istirahat dan kenyamanan.

Biasaya, untuk mengatasinya, kebanyakan pemilik rumah menggunakan peredam suara serta furnitur guna menghalangi suara masuk ke ruangan

Baca juga: 6 Cara Meredam Kebisingan di Apartemen Tanpa Merusak Bangunan

Namun, ada cara mudah yang bisa dicoba, yakni menggunakan tanamanTanaman dapat meredam kebisingan dengan baik pada frekuensi tinggi.

Dilansir dari Gardening Know How, Kamis (15/ma9/2022), untuk mengaplikasikan tanaman peredam kebisingan ini, tanam tanaman hingga membentuk sebuah pagar dan beri jarak agar tidak ada celah di antara tanaman saat tumbuh. 

Bahkan Anda dapat memasang lapisan tanaman yang padat untuk memberikan perlindungan kebisingan yang optimal. 

Baca juga: 4 Cara Mudah Membuat Ruangan di Dalam Rumah Kedap Suara

Ilustrasi ruang keluarga bergaya elegan. Shutterstock/Teeraphan Pensupha Ilustrasi ruang keluarga bergaya elegan.
Mulailah dengan menanam deretan semak yang paling dekat dengan kebisingan dan tanamlah deretan semak atau pohon yang lebih tinggi di belakangnya.

Pilih tanaman semak bagian dalam yang memiliki dampak visual, aroma, warna, dan fitur lain yang diinginkan. Pertimbangkan bagaimana penampilan semak akan melengkapi desain lansekap Anda secara keseluruhan. 

Untuk hasil terbaik, tanam tanaman yang menghalangi kebisingan di tanggul. Caranya, buat gundukan tanah setinggi mungkin dengan bagian atas yang rata dn lebar minimal tiga meter.

Baca juga: Usir Kebisingan, Ini 4 Cara Membuat Rumah Kedap Suara

Sementara itu, metinggian yang ideal adalah sekitar satu meter dengan sisi miring sekitar 10 persen. Kombinasi tanggul dan penanaman yang lebat dapat mengurangi kebisingan sebanyak enam hingga 15 desibel. 

Namun, apabila tanaman tidak cukup mengurangi kebisingan, coba tambahkan suara yang dapat menutupi suara berisik atau tidak menyenangkan seperti fitur air.

Misalnya, air yang mengalir sangat efektif meredam kebisingan yang tidak menyenangkan. Air mancur taman bisa menjadi alternatif yang baik untuk menutupi kebisingan yang ada di sekitar rumah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com