Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/09/2022, 20:55 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada beberapa penyakit mata yang bisa menyerang kucing, salah satunya konjungtivitis yang menular di kalangan kucing.

Konjungtivitis adalah penyakit yang membuat selaput lendir pelapis bagian luar bola mata dan bagian dalam kelopak mata meradang.

Baca juga: Berapa Jumlah Kucing yang Boleh Dipelihara di Rumah?

Bisa pula kucing mengalami iritasi yang membuat matanya menjadi gatal dan berair atau glaukoma yang terjadi akibat penumpukan cairan berlebih pada mata kucing.

Namun, apakah penyakit mata yang dialami kucing peliharaan dapat menyebabkannya meninggal?

“Sakit pada mata pun cukup banyak penyebabnya. Bisa ringan karena iritasi atau cacingan atau yang berat karena penyakit-penyakit dari virus chlamydia, calici, itu berisiko cukup tinggi denga kesehatan meski gejala yang tampak hanya dari mata,” kata Drh Elfan Darmawan. 

Dalam talk show Kind of Talks di media sosial Kompas.com yang bertajuk “Jaga Kucing Kesayangan dari Virus Panleukopenia”, Rabu (7/9/2022), ia melanjutkan, pilek dari rhinotracheitis juga dapat menunjukkan gejala pada mata.

Baca juga: Memberikan Obat Manusia pada Kucing Sakit, Amankah?

Jadi, ketika kucing mengalami sakit mata, pemilik harus melihat apakah yang terserang hanya area mata saja atau seluruh tubuh. Dengan demikian, kamu dapat mengetahui penyebab pasti kucing mati.

Menurut Elfan, iritasi mata tidak akan menyebabkan kematian. Jika diobati secara hati-hati, dapat sembuh dalam dua hingga tiga hari. 

"Kalau sampai bengkak pada mata, (terutama) kucing yang masih anak-anak, kita harus hati-hati. Setiap pengobatan untuk mata kucing, lengkapi dengan collar,” ujarnya.

Baca juga: Mengenal Virus Panleukopenia pada Kucing dan Gejalanya

Collar dalam pengobatan mata kucing

Ilustrasi kucing Bengal.Unsplash/ingvar_erik Ilustrasi kucing Bengal.

Elfan mengatakan bahwa penggunaan collar direkomendasikan ketika seseorang tengah mengobati kucing yang mengalami sakit mata.

Sebab, kucing dapat merasa tidak nyaman pada area mata dan berujung pada mengusap atau menggaruknya dengan tangannya.

“Kukunya tajam dan akan melukai kornea. Kalau terluka, bisa semakin parah penyakitnya. Itu biasanya kematian karena itu,” jelas Elfan.

Baca juga: Hati-hati, Ini 5 Penyakit Mata yang Bisa Menyerang Kucing

Apabila kucing ditaruh di dalam kandang, situasi yang sering terjadi menurutnya adalah sahabat bulu akan membenturkan mata ke kandang.

Inilah yang membuat Elfan menyarankan pemilik mengenakan collar pada kucing peliharaan saat sedang menyembuhkan mata sahabat bulu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com