Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Ras Kucing Paling Mahal di Dunia, dari Savannah sampai Siberian

Kompas.com - 09/09/2022, 17:44 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengadopsi kucing untuk dipelihara sebetulnya tidak mengeluarkan banyak uang. Sebab, ada banyak kucing di tempat penampungan yang bisa dipelihara dan dibawa pulang.

Namun, tak dapat dipungkiri, bagi sebagian orang, kucing bukan hanya sekadar hewan peliharaan, tapi juga simbol status. 

Baca juga: Memberikan Obat Manusia pada Kucing Sakit, Amankah?

Tak heran, orang-orang tersebut bersedia mengeluarkan sejumlah uang untuk memiliki ras kucing tertentu, tepatnya yang memiliki harga istimewa.

Nah, di bawah ini sejumlah ras kucing paling mahal di dunia dilansir dari Mental Floss, Jumat (9/9/2022). 

Ashera

Ilustrasi kucing Savannah.Shutterstock/Eric Isselee Ilustrasi kucing Savannah.

Ashera—persilangan antara kucing Serval Afrika, kucing macan tutul Asia atau Asian leopard, dan kucing rumahan—dikembangkan oleh perusahaan Lifestyle Pets yang berbasis di California, Amerika Serikat, sekitar 15 tahun lalu.

Kucing Ashera memiliki berat sekitar 13 kilogram dan menjadi ras kucing kucing paling mahal di dunia dengan harga sekitar Rp1,8 miliar. 

Baca juga: 9 Fakta Menarik Kucing Sphynx, Perlu Dimandikan Setiap Minggu

Kucing Savannah 

Kucing Savannah adalah ras campuran hasil perkawianan silang antaran kucing liar Afrika, Serval, dan kucing peliharaan Siam. 

Savannah dikenal sebagai salah satu ras kucing paling mahal di dunia dengan harga sekitar Rp296 juta. Kucing Savannah telah ada sejak tahun 80-an dan dikenal menyenangkan, penuh kasih sayang, serta akrab dengan anak-anak.  

Toyger

Peternak Judy Sugden menciptakan kucing Toyger pada awal 1990-an dengan menyilangkan kucing Bengal dan kucing shorthair tabby atau berbulu pendek.

Garis-garisnya yang seperti harimau memberinya nama Toyger—kombinasi mainan dan harimau—dan harganya bisa berkisar antara Rp44 juta hingga Rp148 juta. 

Baca juga: 5 Fakta Menarik Kucing Russian Blue, Berbulu Abu-abu dan Mata Hijau

Khao Manee

Ilustrasi ras kucing Khao Manee, kucing langka yang berasal dari Thailand.PEXELS/MOHAMMAD ABDUR RAHMAN Ilustrasi ras kucing Khao Manee, kucing langka yang berasal dari Thailand.
Khao Manee berasal berabad-abad yang lalu di Thailand. Ia dikenal dengan matanya yang khas, yang terkadang memiliki dua warna berbeda dan dijuluki "Permata Putih" dan kucing "Mata Berlian".

Khao Manee juga termasuk kucing paling mahal di dunia dengan harga bisa mencapai Rp118 juta.

Kucing Bengal 

Penemu Toyger Judy Sugden bukan satu-satunya peternak kucing di keluarganya. Ibunya, Jean Mill, membantu menciptakan kucing Bengal pada 1980-an dengan menyilangkan kucing Asian leopard dengan kucing domestik.

Mill bukan yang pertama mencobanya, tetapi dialah alasanThe International Cat Association (TICA) mengakui kucing Bengal sebagai ras baru. Kucing Bengal dijual di suatu tempat antara Rp44 juta-Rp74 juta.  

Baca juga: Syarat-syarat Grooming Kucing yang Harus Dipenuhi 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com