Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menyimpan Bawang Putih Berdasarkan Jenisnya

Kompas.com - 07/09/2022, 21:45 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comBawang putih menjadi salah satu bumbu yang wajib ada di dapur karena banyak digunakan dalam berbagai olahan masakan. 

Selain itu, bawang putih memiliki berbagai manfaat selain untuk masakan seperti membantu meminimalkan ketombe dan merangsang pertumbuhan rambut.

Baca juga: Gampang, Ini Cara Menanam Bawang Putih di Polybag

Meski begitu, tidak semua orang langsung menggunakan bawang putih setelah dibeli. Beberapa memutuskan menyimpannya untuk digunakan kemudian hari. 

Karena itu, cara menyimpan bawang putih penting diperhatikan agar menjaganya tetap segar dan tidak cepat busuk.

Dikutip dari Real Simple, Rabu (7/9/2022), berikut cara menyimpan bawang putih berdasarkan jenisnya.

Baca juga: Catat, Ini Cara Menanam Bawang Putih yang Benar

Bawang putih utuh

Ilustrasi bawang putih.PIXABAY/JACQUELINE MACOU Ilustrasi bawang putih.

Jika memiliki bawang putih utuh yang masih segar, segera simpan di tempat sejuk dan kering dengan banyak sirkulasi udara. Namun, pastikan area tidak terkena sinar matahari.

Salah satu tempat yang baik menyimpan bawang putih utuh adalah dalam keranjang di atas meja dapur. Hindari menyimpan bawang putih di tempat dingin seperti kulkas, kecuali akan menggunakannya dalam beberapa hari.

Baca juga: Tahan hingga 6 Bulan, Ini Cara Menyimpan Bawang Putih Utuh

Siung bawang putih

Untuk siung bawang putih yang masih memiliki pelapis, bisa disimpan bersama dengan bawang putih utuh.

Artinya, letakkan siung bawang putih utuh di area sejuk, kering, dan banyak sirkulasi udara. Hindari area dingin atau terkena sinar matahari langsung agar bawang putih tetap segar.

Jika siung bawang putih terlihat mulai bertunas, kamu tidak perlu khawatir karena masih bisa digunakan. Namun, jangan lupa memotong tunasnya karena ini bisa terasa pahit jika dikonsumsi. 

Baca juga: 3 Cara Tepat Menyimpan Bawang Putih agar Tahan Lama

Ilustrasi bawang putih.PIXABAY/ANRITA1705 Ilustrasi bawang putih.

Sedangkan, siung bawang putih yang sudah dikupas pelapisnya dapat membusuk lebih cepat karena sudah tidak memiliki pelindung. 

Untuk itu, simpan dalam wadah kedap udara seperti stoples, kantong plastik, dan sebagainya. Letakkan di dalam kulkas dan segera gunakan dalam dua hingga tiga hari.

Jika tidak, bawang putih mulai memburuk dan berbau. Alternatifnya, bekukan dalam freezer. Kamu hanya perlu menaruh bawang putih di atas loyang kue hingga beku. Setelah beku, masukkan ke wadah penyimpanan.

Baca juga: Bawang Putih Bisa Digunakan untuk Membersihkan Rumah, Begini Caranya

Bawang putih cincang

Disadur dari All Recipes, cara menyimpan bawang putih cincang bisa langsung dimasukkan ke wadah kedap udara.

Setelah itu, lapisi dengan minyak rasa netral seperti minyak zaitun atau minyak alpukat. Tuangkan minyak sampai bawang putih benar-benar tertutup.

Pastikan lapisan minyak berada sekitar 1,30 sentimeter (cm) di atas bawang putih cincang. Tutup wadah dan taruh dalam freezer selama satu minggu serta gunakan bawang putih dalam waktu sekitar tiga bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com