Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung dan Bill Gates Kembangkan Kloset Ramah Lingkungan

Kompas.com - 29/08/2022, 13:38 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comSamsung Electronics Co., Ltd. bekerja sama dengan Bill & Melinda Gates Foundation untuk mengembangkan prototipe kloset yang aman dan dirancang untuk penggunaan rumah tangga.

Berdasarkan keterangan pers yang Kompas.com terima, Senin (29/8/2022), kerja sama dilakukan melalui Samsung Advanced Institute of Technology (SAIT) selaku anak usaha penelitian dan pengembangan Samsung Electronics.

Adapun kerja sama untuk menanggapi Reinvent the Toilet Challenge ini sudah berlangsung sejak 2019, dan baru-baru ini menyelesaikan pengembangan teknologi inti untuk kloset tersebut.

Baca juga: Samsung Bespoke Hadirkan Edisi Kolaborasi Spesial HUT Ke-77 RI

Ilustrasi kloset, kloset duduk.FREEPIK/MRSIRAPHOL Ilustrasi kloset, kloset duduk.

Reinvent the Toilet Challenge adalah inisiatif Bill & Melinda Gates Foundation yang diluncurkan pada 2011.

Inisiatif ini dimaksudkan untuk mengembangkan teknologi kloset transformatif yang dapat mengelola kotoran manusia secara aman dan efektif.

SAIT sukses mengembangkan dan menguji sebuah prototipe. Pengumuman selesainya proyek Reinvented Toilet ini dilakukan di SAIT di Suwon, Korea Selatan, baru-baru ini.

Acara dihadiri oleh Presiden dan Head of SAIT, Gyoyoung Jin, dan Deputy Director, Water, Sanitation & Hygiene di Bill & Melinda Gates Foundation, Doulaye Kone.

Baca juga: Samsung Luncurkan Bespoke AirDresser untuk Menjaga Pakaian Bersih

Acara juga turut dihadiri oleh Senior Program Officer, Water, Sanitation & Hygiene di Bill & Melinda Gates Foundation, Sun Kim, dan External Advisor di Bill & Melinda Gates Foundation, Yong Chae Lee. Peserta proyek dari SAIT juga menghadirinya.

Desain dan teknologi kloset yang sedang dikembangkan

Selama tiga tahun penelitian dan pengembangan, SAIT mengerjakan desain dasar dan mengembangkan komponen dan teknologi modular.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com