Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/05/2022, 17:24 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Kloset di kamar mandi memang bisa bertahan sangat lama. Akan tetapi, ada tanda-tanda yang bisa menjadi alarm bagi Anda untuk segera mengganti kloset.

Dilansir The Spruce, Kamis (5/5/2022), ketika beberapa perbaikan sudah cukup untuk menyelesaikan masalah, tidak ada alasan untuk mengeluarkan uang ekstra untuk membeli kloset baru dan meluangkan waktu untuk memasangnya.

Kuncinya adalah mengetahui kapan harus mengganti kloset dan kapan harus memperbaikinya.

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Urine pada Dudukan Kloset

Ilustrasi toilet duduk, ilustrasi kloset duduk.SHUTTERSTOCK / New Africa Ilustrasi toilet duduk, ilustrasi kloset duduk.

Untuk membantu Anda menentukan kapan harus mengganti kloset, berikut beberapa tanda yang bisa Anda amati.

1. Diperlukan terlalu banyak perbaikan

Memperbaiki kloset dapat mencakup beberapa benda di dalam tangki, seperti gagangnya, penutupnya, dan katup pengisinya. Beberapa dari perbaikan ini dapat dengan mudah dilakukan, tetapi akan membutuhkan biaya dan waktu.

Menimbang biaya perbaikan ini versus membeli kloset baru adalah praktik yang cerdas, terutama jika kloset mengalami salah satu masalah lain yang tercantum di bawah ini.

Penggantian kloset akan menghemat uang Anda dalam jangka panjang, meskipun itu akan menjadi pengeluaran yang lebih besar di muka.

Baca juga: Cara Membersihkan Dudukan Kloset yang Bernoda

2. Kloset sering tersumbat

Apakah kloset Anda sering tersumbat alias kloset mampet? Banyak kloset model lama membutuhkan lebih dari satu kali siram hampir sepanjang waktu.

Jika kondisi ini lama-lama menjengkelkan bagi Anda, maka inilah saatnya untuk mengganti kloset. Anda bahkan tidak perlu mengorbankan penghematan air karena kloset telah berkembang pesat dan fitur penghemat air baru bekerja jauh lebih baik.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com