Kompas.com - 05/05/2022, 15:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Mencuci dengan menggunakan mesin cuci dinilai lebih hemat waktu dan tenaga. Namun ternyata tidak semua pakaian bisa dicuci dengan mesin cuci.

Putaran mesin pada mesin cuci berpotensi merusak tekstur kain pada pakaian terutama pakaian dengan serat kain alami dan lembut.

Untuk menyiasatinya, sebaiknya cuci beberapa jenis pakaian berikut ini dengan metode dry clean atau cuci manual dengan tangan. Cara ini dinilai lebih aman dan dapat mencegah kerusakan pada pakaian.

Melansir dari Martha Stewart, Kamis (5/5/2022), berikut ini 5 jenis pakaian yang sebaiknya tidak dicuci menggunakan mesin cuci.

Baca juga: 7 Tips Merawat Mesin Cuci agar Tetap Awet dan Berfungsi Maksimal

Kasmir dan wol

Kasmir dan wol memiliki serat kain halus yang sebaiknya tidak dicuci menggunakan mesin cuci. Mencuci cardigan dan pullover menggunakan mesin cuci bisa menyebabkan serat kain menyusut.

Sebaiknya kasmir dan wol dicuci secara manual dengan menggunakan tangan untuk menghindari robekan dan penyusutan.

Kamu bisa mencucinya di dalam wastafel, bak mandi atau ember yang sudah di isi air dan pembersih lembut.

Rendam dalam air kemudian putar-putar dan diamkan selama setengah jam. Setelah pakaian direndam selama 30 menit, bilas dengan air bersih. Hindari menggantung pakaian, sebaiknya letakkan di permukaan yang rata.

Baca juga: Ketahui 4 Tanda Mesin Cuci Perlu Service

Sutra

Umumnya pakaian berbahan sutra dicuci dengan metode dry clean di laundry. Namun jenis kain ini juga bisa kamu cuci dirumah secara manual menggunakan tangan.

Ini adalah metode pencucian terbaik untuk menghindari pakaian menyusut, tersangkut dan lain sebagainya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.