Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akibat Merendam Pakaian dalam Waktu Lama di Mesin Cuci

Kompas.com - 05/05/2022, 15:37 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Saat mencuci pakaian, seringkali kita merendamnya terlebih dahulu sebelum mulai mencucinya. Hal ini dimaksudkan agar kotoran dan noda membandel akan melunak dan lebih mudah dibersihkan.

Proses perendaman bisa saja berlangsung beberapa jam, namun apakah perendaman yang lama ini baik untuk baju? Atau malah membuat baju bertambah kotor dan bau?

Merendam cucian memiliki pro dan kontra tersendiri bagi beberapa orang. Melansir dari Martha Stewart, Kamis (5/5/2022), seringkali orang beranggapan dengan merendam pakaian basah terlalu lama di dalam mesin cuci dapat menyebabkan bau tak sedap pada pakaian. Bau akibat jamur dan lembab ini sulit hilang meskipun sudah dicuci kembali.

Baca juga: Cara Tepat Mencuci Baju Renang agar Tidak Mudah Rusak dan Awet

Namun menurut Martha hal ini tidak selalu terjadi pada rendaman baju, semuanya tergantung pada berapa lama kamu merendamnya.

Sebenarnya membiarkan cucian basah di mesin cuci semalaman tidak akan membuat pakaiannya berbau apek.

Jika kamu membiarkannya selama seminggu, bakteri dan jamur penyebab bau akan mulai terbentuk sehingga bau tak sedap akan mulai timbul.

Untuk menghindari rendaman pakaian berbau apek, segera cuci setelah direndam. Selain itu gunakan pula deterjen tanpa bahan kimia dengan jumlah deterjen yang sesuai dengan petunjuk pencucian.

Deterjen yang tidak tepat dan pemakaian yang terlalu banyak memungkin jamur tumbuh lebih cepat saat pakaian belum tercuci dengan benar.

Baca juga: Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Mencuci Baju Bayi yang Baru Lahir

Setelah pakaian selesai dicuci biasanya kita akan mengeringkan pakaian dengan mesin pengering sebelum di jemur.

Namun akan lebih baik jika dikeringkan secara manual. Penggunaan mesin pengering yang terlalu sering menyebabkan serat kain cepat rusak. Mesin pengering juga bisa membuat pakaian dengan serat halus rusak dan melar.

JIka kamu tidak punya cukup lahan untuk menggantung tali jemuran, kamu bisa menjemur pakaian mu di kamar mandi berventilasi atau area bawah tanah.

Peras atau tiriskan air sebelum menggantung pakaian basah di tali jemuran agar tidak terlalu berat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com