Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini Cara Membersihkan Tangki Kloset agar Bebas Karat dan Jamur

Kompas.com - 17/04/2022, 09:30 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan kloset adalah suatu keharusan demi menjaga kebersihan kamar mandi mandi.

Namun, ketika membersihkan kloset, ada bagian penting yang kerap terlupakan, yakni tangki kloset. Padahal, merawat bagian dalam tangki kloset sama pentingnya dengan pemeliharaan peralatan jangka panjang.

Baca juga: 3 Bahan Rumah Tangga untuk Membersihkan Dudukan Kloset

"Walau air di dalam tangki biasanya bersih, bagian logamnya dapat menimbulkan korosi dan karat dan bagian dalam tangki bisa berubah warna," kata Patty Stoffelen, salah satu merchant di The Home Depot—perusahaan ritel asal Amerika Serikat yang menjual perlengkapan rumah tangga—dilansir dari Martha Stewart, Minggu (17/4/2022).

Selain itu, membersihkan tangki kloset dapat membantu mencegah penumpukan karat dan jamur

Baca juga: 6 Hal yang Perlu Dihindari Saat Membeli Kloset Duduk Baru

Persiapan membersihkan tangki kloset

Ilustrasi toilet duduk, ilustrasi kloset duduk.SHUTTERSTOCK / New Africa Ilustrasi toilet duduk, ilustrasi kloset duduk.
Meski membersihkan tangki kloset sedikit lebih rumit daripada membersihkan bagian luarnya, hal itu tidak perlu sering dilakukan.

Stoffelen merekomendasikan menambahkan tugas ini ke daftar pembersihan hanya sekali atau dua kali dalam setahun untuk pemeliharaan. Kumpulkan beberapa persediaan dasar untuk memulainya. 

"Kami merekomendasikan menggunakan sikat scrub yang digunakan dengan disinfektan kamar mandi permukaan keras yang diformulasikan tanpa pemutih," ucap Stoffelen. 

Baca juga: 4 Cara Ampuh Menghilangkan Noda Membandel di Kloset Kamar Mandi

Stoffelen memperingatkan untuk menghindari penggunaan pemutih untuk membersihkan tangki kloset karena dapat menimbulkan korosi pada bagian dalam kloset.

"Jika ingin menghilangkan noda keras dari tangki, saya merekomendasikan cuka putih yang diencerkan dengan air," tambahnya.   

Baca juga: Ingin Membersihkan Kloset Duduk? Gunakan 5 Bahan Ini

Cara membersihkan tangki kloset

.Ilustrasi membersihkan kloset, sikat klosetPEXELS/ Karolina Grabowska .Ilustrasi membersihkan kloset, sikat kloset

Membersihkan tangki kloset langsung terdiri atas dua elemen utama, yakni merendam tangki untuk menghilangkan noda serta menggosok tangki dan bagian-bagiannya untuk menghilangkan kotoran yang menumpuk.

Anda dapat melakukan salah satu metode ini terlebih dahulu. Vera Peterson, Presiden Molly Maid, menyarankan memulai dengan merendam tangki.

Baca juga: 4 Cara Membersihkan Kerak Coklat pada Kloset, Bisa Pakai Cola

"Pertama, buka tutupnya dan intip ke dalamnya. Jika melihat ada penumpukan mineral atau kotoran, tuangkan empat cangkir cuka ke dalam tangki. Biarkan ini meresap hingga satu jam," jelas Peterson.

Sebelum menggosok tangki, jangan lupa mengosongkan tangki terlebih dulu.

"Mulailah dengan mematikan katup pasokan air yang terletak di belakang kloset pada dinding atau lantai. Kemudia menyiram kloset sampai tangki terkuras. Anda dapat menggunakan spons untuk menghilangkan sisa air di dasar tangki," imbuh Stoffelen.  

Baca juga: Cegah Mampet, Hindari Membuang 10 Hal Ini ke Dalam Kloset

Gunakan sikat gosok untuk membersihkan tangki dan tisu untuk menyeka bagian dalam tangki. Setelah digosok dan direndam, kosongkan tangki dengan menyiram kloset, lalu nyalakan kembali air agar tangki dapat diisi ulang.

Terakhir, siram beberapa kali lagi untuk membilas tangki. Pembersihan tangki kloset pun sudah Anda lakukan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com