Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Bahan Rumah Tangga untuk Membersihkan Dudukan Kloset

Kompas.com - 29/03/2022, 19:20 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Dudukan kloset penting dibersihkan lantaran sering memiliki kontak dengan kotoran dan kulit manusia.

Dudukan kloset yang tidak dibersihkan akan dipenuhi bakteri dan kotoran yang dapat menempel pada tubuh dan menyebar ke seluruh rumah.

Baca juga: 6 Hal yang Perlu Dihindari Saat Membeli Kloset Duduk Baru

Selain itu, dudukan kloset yang kotor mengurangi tampilan kamar mandi secara keseluruhan, terlebih jika menguning dan berkerak.

Hal tersebut membuat kamar mandi terlihat seperti tidak terawat dan memberi kesan jorok, terutama saat tamu tengah berkunjung. 

Disadur dari Kitchen Infinity, Selasa (29/3/2022), ada tiga bahan rumah tangga untuk membersihkan dudukan kloset seperti berikut ini. 

Baca juga: 4 Cara Ampuh Menghilangkan Noda Membandel di Kloset Kamar Mandi

Pemutih

Ilustrasi toilet duduk, ilustrasi kloset duduk.SHUTTERSTOCK / New Africa Ilustrasi toilet duduk, ilustrasi kloset duduk.
Pemutih mampu membersihkan kloset secara keseluruhan, termasuk area dudukan dan mangkuk kloset yang kotor serta bernoda.

Pemutih pun dapat membersihkan noda yang sulit dihilangkan produk pembersih biasa sehingga membuat kloset terlihat berkilau kembali dan membasmi kuman

Baca juga: Cara Membuat Toilet Bomb untuk Mengusir Bau di Kloset Kamar Mandi

Untuk membersihkan dudukan toilet, campurkan pemutih dengan air hangat di dalam botol semprotan, lalu kocok hingga larutan merata.

Selanjutnya, gunakan sarung tangan saat menyemprotkan campuran ke dudukan toilet dan menyikat area dengan spons hingga nodanya hilang. Siram sisa campuran ke mangkuk toilet agar area tersebut turut bersih.

Baca juga: Cegah Mampet, Hindari Membuang 10 Hal Ini ke Dalam Kloset

Baking soda

Sama dengan pemutih, baking soda yang kerap digunakan untuk membuat kue dapat membersihkan dudukan kloset.

ilustrasi kloset, keset kamar mandiUnsplash/99.films ilustrasi kloset, keset kamar mandi

Kendati demikian, baking soda tidak dapat menghilangkan bakteri. Karena itu, kamu tetap perlu menggunakan produk pembersih untuk menghilangkan noda di dudukan toilet. 

Baca juga: Cara Tepat Mendisinfeksi Kloset dan Menjaga Kamar Mandi Tetap Bersih

Setelah dudukan toilet dibersihkan, campurkan sekitar seperempat cangkir baking soda dengan air hangat. Aduk hingga teksturnya menyerupai pasta, lalu oleskan ke dudukan toilet, dan diamkan selama 15-20 menit.

Kemudian, gosok dudukan kloset hingga bersih untuk menyingkirkan pasta baking soda dan keringkan dudukan kloset sebelum digunakan kembali.

Baca juga: Cegah Penyakit, Jangan Lupa Menutup Kloset Duduk Saat Menyiram

Cuka putih suling

Dudukan toilet dapat dibersihkan dengan sebotol cuka putih suling atau cuka yang telah dicampurkan dengan air hangat. Gunakan tisu dapur untuk mengoleskan cuka ke area yang terkena noda.

Selanjutnya, lap area dengan tisu dapur yang bersih hingga noda pada dudukan toilet hilang. Jika nodanya membandel, ulangi langkah tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com