Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Bahan Rumah Tangga untuk Membersihkan Dudukan Kloset

Dudukan kloset yang tidak dibersihkan akan dipenuhi bakteri dan kotoran yang dapat menempel pada tubuh dan menyebar ke seluruh rumah.

Selain itu, dudukan kloset yang kotor mengurangi tampilan kamar mandi secara keseluruhan, terlebih jika menguning dan berkerak.

Hal tersebut membuat kamar mandi terlihat seperti tidak terawat dan memberi kesan jorok, terutama saat tamu tengah berkunjung. 

Disadur dari Kitchen Infinity, Selasa (29/3/2022), ada tiga bahan rumah tangga untuk membersihkan dudukan kloset seperti berikut ini. 

Pemutih pun dapat membersihkan noda yang sulit dihilangkan produk pembersih biasa sehingga membuat kloset terlihat berkilau kembali dan membasmi kuman. 

Untuk membersihkan dudukan toilet, campurkan pemutih dengan air hangat di dalam botol semprotan, lalu kocok hingga larutan merata.

Selanjutnya, gunakan sarung tangan saat menyemprotkan campuran ke dudukan toilet dan menyikat area dengan spons hingga nodanya hilang. Siram sisa campuran ke mangkuk toilet agar area tersebut turut bersih.

Baking soda

Sama dengan pemutih, baking soda yang kerap digunakan untuk membuat kue dapat membersihkan dudukan kloset.

Kendati demikian, baking soda tidak dapat menghilangkan bakteri. Karena itu, kamu tetap perlu menggunakan produk pembersih untuk menghilangkan noda di dudukan toilet. 

Setelah dudukan toilet dibersihkan, campurkan sekitar seperempat cangkir baking soda dengan air hangat. Aduk hingga teksturnya menyerupai pasta, lalu oleskan ke dudukan toilet, dan diamkan selama 15-20 menit.

Kemudian, gosok dudukan kloset hingga bersih untuk menyingkirkan pasta baking soda dan keringkan dudukan kloset sebelum digunakan kembali.

Cuka putih suling

Dudukan toilet dapat dibersihkan dengan sebotol cuka putih suling atau cuka yang telah dicampurkan dengan air hangat. Gunakan tisu dapur untuk mengoleskan cuka ke area yang terkena noda.

Selanjutnya, lap area dengan tisu dapur yang bersih hingga noda pada dudukan toilet hilang. Jika nodanya membandel, ulangi langkah tersebut.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/03/29/192000276/3-bahan-rumah-tangga-untuk-membersihkan-dudukan-kloset

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke