Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hewan Peliharaan Lebih Baik Mengonsumsi Makanan Segar, Mengapa?

Kompas.com - 29/08/2022, 11:21 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa pemilik anjing peliharaan menganggap sahabat bulunya lebih dari sekadar hewan peliharaan, tetapi keluarga.

Jadi, tidak heran jika mereka akan menjaga kesehatan hewan peliharaan layaknya anggota keluarga manusia, seperti memberinya makanan yang sehat.

Baca juga: UMKM Makanan Hewan Peliharaan Unjuk Gigi, Kualitas Tak Kalah dengan Merek Ternama

Ada berbagai produk makanan hewan peliharaan yang bisa diberikan pada sahabat bulu, salah satunya produk makanan segar atau fresh pet food.

Edison dari The Wonderbutts Family, anggota komunitas Fresh Pet Food Market Indonesia (FPFMI), mengatakan, konsep makanan segar dalam industri makanan hewan merupakan salah satu yang pertumbuhannya paling tinggi.

Baca juga: Bahaya Memberikan Nutrisi yang Tidak Sesuai dengan Hewan Peliharaan

“Ini karena masyarakat sekarang perlakukan hewan peliharaan enggak kayak dulu. Sekarang mereka ingin memberikan yang terbaik, salah satunya nutrisi,” ungkapnya kepada Kompas.com di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (27/8/2022) lalu. 

Salah satu makanan segar untuk hewan peliharaan yang dijual di area Fresh Pet Food Market Indonesia di Indonesia International Pet Expo (IIPE) 2022, ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Sabtu (27/8/2022).kompas.com / Nabilla Ramadhian Salah satu makanan segar untuk hewan peliharaan yang dijual di area Fresh Pet Food Market Indonesia di Indonesia International Pet Expo (IIPE) 2022, ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Sabtu (27/8/2022).

Memberi nutrisi yang tepat untuk anjing peliharaan

Edison melanjutkan, ketika ditemui di Indonesia International Pet Expo (IIPE) 2022, keinginan untuk memberikan nutrisi yang tepat kepada anjing peliharaan membuat sejumlah pemilik memilih makanan segar daripada produk makanan hewan peliharaan komersial.

Menurutnya, hal tersebut sama seperti manusia yang sering menyantap makanan kaleng yang telah diproses sedemikian rupa dengan bahan pengawet, sehingga hidangan berisiko menimbulkan masalah kesehatan.

“Nah, kalau fresh pet food makanannya yang hanya melalui pemrosesan ringan. Jadi enggak banyak zat yang bisa menimbulkan penyakit. Memberi anjing makanan segar dapat membantu menurunkan risiko penyakit,” kata Edison.

Baca juga: Cara Menyimpan Makanan Hewan Peliharaan agar Tetap Bagus

Sebab, imbuhnya, makanan segar untuk hewan peliharaan, terutama dari UMKM anggota FPFMI, menggunakan bahan makanan food grade alias aman untuk dikonsumsi manusia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com