Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/08/2022, 14:26 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Tikus adalah hewan pengerat yang mengganggu. Tikus suka tinggal di atap, bawah papan lantai, ruang bawah tanah, area yang berisi banyak kotak, lemari tempat makanan disimpan, dan area tempat sampah. 

Kemunculan tikus di rumah bisa diamati dari terdengarnya suara-suara aneh pada malam hari serta adanya gigitan pada permukaan furnitur atau kabel.

Bila menemukan tanda-tanda tersebut, segera mengambil tindakan untuk mengusir tikus. Dilansir dari Hunker, Kamis (25/8/2022), berikut beberapa cara mengusir tikus dari rumah. 

Baca juga: Cara Membuat Jebakan Tikus dari Ember dan Gantungan Baju 

Segel lubang dan retakan dengan wol baja 

Ilustrasi wol baja, ilustrasi spons cuci piring bajaShutterstock/Emily Li Ilustrasi wol baja, ilustrasi spons cuci piring baja
Tutup semua lubang atau retakan yang ada pada dinding rumah dengan wol baja. Periksa juga lemari di bawah wastafel untuk melihat apakah ada pipa yang terbuka.

Tikus suka berlari di sepanjang pipa tersebut, jadi segel pipa yang keluar dari dinding dengan wol baja. Setelah itu, beri minyak pepermint pada wol baja. Aroma ini tidak disukai tikus sehingga membuatnya menjauhi area tersebut. 

Baca juga: 4 Cara Mengusir Tikus, Pakai Cuka Putih hingga Sabun Cuci Piring 

Jauhkan makanan

Makanan yang terbuka dapat menarik tikus muncul, terutama di dapur. Karena itu, rurup semua makanan yang ada di dapur, bahkan di dalam kulkas. Masukkan makanan dalam wadah kedap udara dan tertutup sebelum menyimpan ke kulkas.

Selain itu, bila memiliki pohon buah di luar rumah, singkirkan buah yang terjatuh ke tanah serta tutup semua tong sampah. 

Tikus yang diberi makan dapat muncul dan bertahan. Namun, bila tidak ada sumber makanan, tikus akan pergi. Karena itu, sebaiknya segera mencuci piring setelah makan. Jangan menumupuk piring kotor di wastafel dapur. 

Baca juga: 5 Fakta yang Perlu Diketahui tentang Tikus di Dapur

Pangkas pohon dan semak-semak

Ilustrasi tikus, ilustrasi perangkap tikus.SHUTTERSTOCK / Billion Photos Ilustrasi tikus, ilustrasi perangkap tikus.
Tikus dapat memasuki rumah melalui pohon dan semak-semak yang ada di luar atau halaman depan.

Jika dahan dan semak pohon menempel ke bangunan rumah, itu bisa menjadi jalan mudah bagi tikus masuk ke rumah melalui lubang atau retakan pada fondasi atau langsung melalui pintu atau jendela.

Untuk itu, potong dahan atau semak pohon yang menempel ke bangunan rumah dan beri jarak 30 sentimer. Hindari menumbuhkan dedaunan baru di samping rumah, di mana tikus bisa bersembunyi dan memanjat umasuk ke rumah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com