Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/07/2022, 14:04 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Best Life

JAKARTA, KOMPAS.com - Tikus adalah salah satu hama umum yang sering masuk ke rumah. Tikus bisa menciptakan kekacauan dan bahkan penyakit ketika berada di dalam rumah.

Dapur, garasi, atau gudang mungkin adalah area rumah yang umum dijamah tikus. Namun, tikus juga bisa masuk dan tinggal di kamar tidur Anda.

Dilansir Best Life, Selasa (19/7/2022), menurut para ahli, Anda harus selalu waspada terhadap tanda-tanda tikus masuk ke kamar tidur.

Baca juga: Cara Mengusir Tikus yang Berkeliaran di Rumah

Ilustrasi tikus menggigit kabel listrik. SHUTTERSTOCK/TOROOK Ilustrasi tikus menggigit kabel listrik.

"Tikus menimbulkan banyak ancaman kesehatan bagi Anda dan keluarga Anda, dan jika mereka menemukan jalan di rumah Anda, mereka tidak akan berencana untuk pergi," kata Ron Hodgkins dari Bel-O Pest Solutions.

"Tikus sangat pandai bersembunyi, dan kamar tidur Anda adalah tempat utama karena bisa menjadi tempat yang mudah untuk bersembunyi dan sumber makanan dari remah-remah dan puing-puing yang jatuh," imbuh Hodgkins.

Bahkan jika Anda tidak melihat tikus berlarian, wajar jika Anda curiga ada tikus di kamar tidur. Para ahli menyarankan Anda untuk memperhatikan tanda ada tikus di kamar tidur.

"Tikus akan menggunakan alas tiang rumah Anda untuk menavigasi ruangan, untuk alasan keamanan, dan mencari makanan," tutur Jim Skinner dari A&C Pest Management.

Baca juga: 8 Ras Anjing Lucu yang Pandai Memburu Tikus, Cocok Jadi Peliharaan

"Jika Anda melihat noda gelap di sepanjang mereka atau di dinding Anda, ini adalah salah satu hadiah mati bahwa rumah Anda mungkin memiliki infestasi tikus," ujar Skinner.

Selain meninggalkan jejak di sekeliling ruangan, aspek tertentu dari perilaku tikus juga dapat menunjukkan keberadaan mereka.

"Salah satu tanda paling jelas bahwa ada tikus di kamar tidur adalah bekas gigitan," ucap Riley Edwards dari perusahaan pengendalian hama We Do Creepy.

Halaman:
Sumber Best Life
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com