Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara Memaksimalkan Cahaya Matahari agar Masuk ke Ruangan

Kompas.com - 18/08/2022, 09:03 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sinar matahari tak hanya bermanfaat untuk menerangi serta membantu kehidupan sehari-hari, namun juga dapat mengubah suasana hati seseorang.

Dalam survei yang dilakukan oleh Roof Window Outlet, hasilnya jelas 52 persen orang Inggris mengatakan bahwa sinar matahari yang menyinari rumah membuat mereka lebih bahagia daripada elemen lainnya.

Faktanya, 42 persen responden menyatakan bahwa tingkat kesehatan mereka secara keseluruhan termasuk relaksasi dan kebahagiaan meningkat dengan akses ke sinar matahari di rumah.

Baca juga: Cara Memperbaiki Furnitur yang Rusak Terpapar Sinar Matahari

Ilustrasi kamar tidur. UNSPLASH/SIDEKIX MEDIA Ilustrasi kamar tidur.

Survei tersebut juga mengungkapkan bahwa ketika melakukan renovasi rumah, satu  dari enam orang responden berfokus untuk menciptakan sumber cahaya tambahan.

Paparan sinar matahari telah dikaitkan dengan peningkatan kesejahteraan dan suasana hati seseorang. Di rumah, cahaya alami dapat membuat ruangan lebih terang dan memberi perasaan lebih banyak ruang.

Dilansir House Beautiful, Kamis (18/8/2022), hika Anda ingin membanjiri rumah dengan cahaya alami, delapan tips teratas ini adalah cara yang bagus untuk memulai.

1. Warna terang memantulkan sinar matahari dengan indah

Gunakan warna yang lebih terang pada dinding dengan menghilangkan wallpaper dan warna blok gelap demi warna cat yang lembut.

Baca juga: 5 Tanaman Hias Indoor yang Hanya Butuh Sedikit Cahaya Matahari

Warna putih akan membuat ruangan terasa lebih terang karena memantulkan cahaya alami yang masuk ke dalam ruangan, bukan menyerapnya. 

Namun, Chris Harvey, ahli interior dari Stelrad menyarankan untuk menghindari cat putih cemerlang di dinding karena ini dapat membuat ruangan terasa dingin, sebaliknya, lebih baik menggunakan warna putih pudar karena ini akan memberikan efek yang jauh lebih hangat. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com