Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/08/2022, 20:54 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur adalah lokasi favorit lalat di rumah. Sebab, lalat tertarik pada buah dan sayuran yang membusuk hingga sampah dapur yang tidak langsung dibuang ke luar.

"Lalat tertarik pada buah dan sayuran yang membusuk, daging yang membusuk, dan bahan lain apa pun yang dapat mereka temukan di sekitar bak cuci piring atau tempat sampah Anda,” kata Chelle Hartzer, ahli entomologi di Orkin, dikutip dari The Kitchn, Kamis (11/8/2022).

Meskipun sebagian besar lalat tidak menggigit, mereka dapat membawa bakteri seperti E. coli dan salmonella dari satu tempat ke tempat lain, mencemari makanan dan berpotensi membuat Anda sakit.

Baca juga: 4 Kebiasaan yang Memicu Banyak Lalat Buah di Dapur

Namun, jangan khawatir. Berikut beberapa cara mengusir lalat di dapur dengan mudah.

Ilustrasi membersihkan dapur. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO Ilustrasi membersihkan dapur.

1. Membersihkan dapur

Sanitasi adalah cara nomor satu untuk mengurangi segala jenis serangga di dapur, terutama lalat. Karena lalat menyukai berbagai jenis makanan, segala jenis remah atau tumpahan adalah permainan yang adil bagi mereka.

Pastikan untuk membersihkan meja dapur setelah menyiapkan makanan dan saat kotor.

2. Buang sampah

Selain remah-remah dan tumpahan, tempat sampah adalah lokasi yang bagus untuk lalat berkembang biak. Maka, rutinlah mengosongkan tempat sampah di dapur.

Baca juga: Cara Ampuh Mengusir Lalat di Rumah

Jangan menunggu sampai tercium bau tidak sedap. Anda akan menarik lebih sedikit lalat dan menyingkirkan area di mana mereka mungkin bertelur.

3. Jauhkan lalat

Lalat jelas harus masuk ke rumah entah bagaimana untuk memulai. Pastikan Anda memiliki tirai di jendela dan tutup pintu luar sebanyak mungkin untuk mencegah lalat masuk.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com