Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/05/2022, 16:22 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Lalat yang suka terbang dan hinggap di makanan tentu akan sangat mengganggu kenyamanan saat makan atau tengah bersantai.

Sehingga kamu akan memukulnya dengan pemukul lalat atau raket nyamuk agar tak mengganggu aktivitas.

Namun, cara seperti itu membutuhkan banyak tenaga dan menyita banyak waktu. Jadi, mengapa kamu tak mengusirnya dengan cara alami seperti menanam tanaman yang tak disukai oleh lalat.

Berikut ini tujuh tanaman yang bisa mengusir lalat dari rumah secara alami dan ramah lingkungan yang telah dilansir dari The Practical Planter, Minggu (15/5/2022).

Baca juga: 6 Tanaman Dalam Ruangan yang Dapat Menghilangkan Stres

Basil atau kemangi

Kemangi memiliki aroma aromatik yang tidak disukai oleh lalat. Kamu bisa menanam kemangi atau basil di dalam pot lalu meletakkannya di dapur guna mencegah lalat liar masuk.

Tanaman yang memiliki beragam varietas ini mudah untuk dirawat. Hanya perlu disiram secara teratur dan dipangkas batangnya setelah selesai berbunga.

Selain mengusir lalat, kemangi juga berguna untuk mengusir laba-laba dan nyamuk. Juga bisa untuk dijadikan bumbu ketika memasak ayam atau lalapan.

Baca juga: Cara Memupuk Tanaman dengan Ampas Teh

Mint

Mint memiliki aroma yang kuat, sehingga lalat tak menyukainya. Namun, bila kamu ingin menanamnya di dalam pot, pastikan ukuran potnya besar. Sebab, tanaman mint bisa tumbuh besar.

Bila ingin menaruhnya di dalam ruangan, kamu juga perlu memastikan bila tanaman mint bisa mendapatkan sinar matahari 4 jam setiap hari.

Baca juga: Simak, Panduan Pemupukan Tanaman Sayuran di Halaman Rumah

Marigold

Aroma bunga marigold bisa untuk mengusir banyak serangga, tak hanya lalat. Bahkan bunga yang satu ini bisa menjadi alat pengusir kutu kebul putih pada tanaman.

Bunga yang satu ini memang cocoknya di tanam di luar ruangan karena mereka menyukai cuaca hangat dan membutuhkan sinar matahari sepanjang hari.

Namun, kamu masih bisa menanamnya di dalam pot lalu meletakkannya di dalam asal kebutuhan cahaya matahari marigold terpenuhi.

Baca juga: Cara Mengendalikan Lalat Buah, Penyebab Buah Pare Rontok Sebelum Masak

Lavender

Ilustrasi lavenderUnsplash/Larisa Birta Ilustrasi lavender

Lavender mungkin sangat terkenal sebagai tanaman pengusir nyamuk. Namun, aroma lavender juga bisa mengusir banyak serangga seperti laba-laba, semut, ngengat, dan lalat.

Kamu bisa memilih lavender jenis hidcote strain dari Inggris yang memiliki aroma kuat dan efektif untuk mengusir lalat.

Baca juga: 3 Cara Mengusir Lalat Buah Tanpa Menggunakan Cuka

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com