Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/08/2022, 13:01 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.comBunga Desember (Scadoxus multiflorus), yang juga disebut blood lily, adalah bunga yang memiliki tampilan cukup unik.

Kepala bunga Desember berbentuk bulat seperti percikan kembang api berwarna merah dan sekilas mirip seperti buah rambutan.

Baca juga: 6 Fakta Tentang Si Cantik Bunga Desember

Tampilan ini disebabkan kuntum merah berbentuk bintang yang memiliki benang sari berujung kuning.

Bunga Desember adalah tanaman yang sangat disukai lebah dan kupu-kupu serta sering kali mekar pada Desember. Inilah yang membuatnya disebut sebagai bunga Desember.

Bunga Desember tergolong mudah dirawat dan tidak memerlukan banyak perhatian. Tanaman bunga ini bisa ditanam di tanah langsung dan pot. Namun, pastikan tanah memiliki drainase baik. 

Apabila ingin menghadirkannya di halaman rumah, berikut cara merawat bunga Desember dilansir The Spruce, Sabtu (6/8/2022).

Baca juga: 6 Fakta Unik Bunga Sakura yang Tidak Dapat Mekar Lama 

Perhatikan pencahayaan yang tepat

Ilustrasi bunga Desember.PIXABAY / Mojojojo_ Ilustrasi bunga Desember.

Bunga Desember lebih menyukai paparan cahaya terang yang tidak langsung atau parsial karena tidak bisa menangani sinar matahari intens dengan baik. 

Jadi, pastikan meletakkan bunga Desember di lokasi tepat yang tidak terkena sinar matahari langsung. 

Gunakan tanah berdrainase baik

Untuk tanah sendiri, tanah jenis lempung (tanah liat) atau berpasir yang kaya akan nutrisi sangatlah ideal bagi bunga Desember karena menawarkan drainase yang baik. Ini sangat penting lantaran bunga Desember bisa tidak tumbuh dengan baik saat tanah basah.

Jika ditanam dalam pot, campurkan tanah pot dengan pasir. Campuran ini memungkinkan tanah tetap lembap, tetapi menawarkan drainase sangat baik sehingga bunga Desember bisa tumbu sehat.  

Baca juga: 5 Manfaat Bunga Daisy, dari Dekorasi, Skincare, hingga Kesehatan 

Jangan menyiram berlebihan

Ilustrasi bunga Desember.PIXABAY / sarangib Ilustrasi bunga Desember.

Bunga Desember membutuhkan penyiraman sedang. Artinya, hindari penyiraman yang berlebihan. Namun, jadwal penyiraman bervariasi berdasarkan tahap pertumbuhannya.

Ketika bunga Desember sedang aktif tumbuh, siram secara konsisten untuk menjaga tanah tetap lembap. Saat periode dormansi, setop penyiraman rutin dan biarkan tanaman mati. 

Namun, bisa menyiramnya sesekali untuk mencegah tanah dan tanaman yang sedang dorman benar-benar mengering. Nah, ketika memasuki periode aktif, tingkatkan frekuensi penyiraman.

Baca juga: Ketahui, Ini 4 Aturan Menyiram Bunga Anggrek 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com