Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/08/2022, 10:41 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa orang senang menggunakan lilin aromaterapi lantaran memiliki wangi yang lebih natural daripada pengharum ruangan komersial.

Apalagi, lilin aromaterapi saat ini datang dengan berbagai bentuk dan pilihan aroma sehingga bisa memilih yang paling sesuai dengan selera.

Baca juga: Berapa Lama Boleh Menyalakan Lilin di Dalam Rumah? Ini Penjelasannya

Akan tetapi, tidak dapat dipungkiri beberapa lilin aromaterapi berkualitas dibanderol dengan harga cukup mahal. 

Untungnya, ini bisa diatasi dengan cara membuat lilin aromaterapi sendiri di rumah. Dikutip dari The Healthy Maven, Sabtu (6/8/2022), berikut cara membuat lilin aromaterapi di rumah. 

Alat dan bahan yang dibutuhkan

Ilustrasi lilin, lilin aromaterapi.UNSPLASH/NO REVISIONS Ilustrasi lilin, lilin aromaterapi.

  • Enam cangkir lilin kedelai.
  • 80-120 tetes minyak esensial favorit.
  • Empat stoples kaca berukuran 236 mililiter.
  • Beberapa sumbu lilin yang cukup panjang.
  • Beberapa sumpit kayu sekali pakai.
  • Koran atau kertas bekas. 

Baca juga: Tips Memaksimalkan Wangi dari Lilin Aromaterapi

Lelehkan lilin kedelai

Lilin kedelai lebih direkomendasikan untuk cara membuat lilin aromaterapi karena jelaga yang dilepaskan lilin kedelai lebih sedikit.

Selain itu, lilin kedelai juga tidak beracun sehingga aromaterapi tidak akan melepaskan racun ketika dibakar.

Terkait penggunaan lilin kedelai, kamu perlu melelehkannya terlebih dulu dengan api kecil-sedang. Gunakan sumpit yang telah disiapkan untuk mengaduk lilin kedelai yang tengah dilelehkan.

Baca juga: Lilin Aroma Vs Diffuser, Mana yang Lebih Baik untuk Rumah?

Tambahkan minyak esensial

Lilin aromaterapi adalah lilin minyak esensial. Langkah selanjutnya dalam cara membuat lilin aromaterapi adalah menambahkan sekitar 80-120 tetes minyak esensial ke lilin yang sudah meleleh.

Namun, jumlah tetesan lilin tersebut bisa disesuaikan lantaran jumlah tersebut dimaksudkan untuk membuat empat lilin aromaterapi.

Untuk pilihan minyak esensial, gunakan aroma yang disukai atau mencampur lebih dari satu minyak esensial dengan wangi berbeda. Pada tahap ini, tetap aduk lilin kedelai. 

Baca juga: 4 Trik Menyalakan Lilin Aromaterapi agar Tahan Lama

Siapkan sumbu lilin

Ilustrasi lilin, lilin aromaterapi. FREEPIK/JCOMP Ilustrasi lilin, lilin aromaterapi.

Ambil sumbu lilin dan pastikan panjangnya melebihi tinggi stoples kaca yang akan digunakan sebagai tempat membuat lilin aromaterapi. Jangan mengguntingnya terlebih dulu.

Letakkan stoples kaca di atas koran atau kertas bekas, lalu tuangkan sedikit lilin kedelai yang sudah meleleh ke dalam stoples kaca untuk dijadikan sebagai “jangkar” bagi sumbu lilin. 

Ambil sumbu menggunakan sumpit lainnya dan tekan bagian bawahnya ke lilin yang baru dituangkan. Setelah itu, letakkan sumpit secara horizontal di atas stoples.

Baca juga: Manfaat Menyalakan Lilin Aromaterapi di Rumah, Bisa Tingkatkan Mood

Tempelkan sumbu ke sumpit untuk memastikan posisinya benar-benar tegak lurus. Tuangkan semua lilin kedelai yang sudah meleleh hingga tepat di bawah bibir tepian stoples dan mengelilingi sumbu.

Biarkan lilin aromaterapi di lokasi sejuk. Lilin aromaterapi akan mengering dalam waktu sekitar satu jam. Saat sudah mengering, lepaskan sumbu dari sumpit.

Jangan lupa memotong sumbu sebelum membakarnya. Apabila memiliki sisa lilin kedelai, jangan membuangnya ke saluran pembuangan air karena bisa menyebabkan penyumbatan.

Nah, itu dia cara membuat lilin aromaterapi. Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com