Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/07/2022, 10:37 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Cuteness

JAKARTA, KOMPAS.com – Belakangan ini, beberapa daerah di Indonesia mengalami suhu yang cukup panas. Bahkan, suhu panas ini sudah terasa sejak pagi hingga sore hari.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui akun Instagram resminya @infobmkg mengungkapkan, Rabu (13/7/2022), suhu tertinggi sepanjang Juli tercatat mencapai 37 derajat celsius.

Baca juga: Ragam Cara dan Tanda Anjing Peliharaan Memilih Manusia Favoritnya

Suhu maksimum tertinggi ini terjadi pada Jumat (8/7/2022), di Medan, Sumatera Utara. Sementara itu, suhu maksimum harian pada Selasa (12/7/2022) dan Rabu di seluruh Indonesia berada pada kisaran 33,2-34,9 derajat celsius.

Meski suhu sedang panas, para pemilik anjing tetap perlu mengajak sahabat bulu jalan-jalan untuk meningkatkan tali persahabatan sekaligus memberi mereka waktu untuk berolahraga.

Ilustrasi anjing - Anjing ras Shar-Pei.SHUTTERSTOCK / Grisha Bruev Ilustrasi anjing - Anjing ras Shar-Pei.

Salah satu cara untuk membuat kegiatan jalan-jalan terasa cukup nyaman di tengah udara panas adalah melakukannya pada sore hari, jika tidak sempat mengunjungi mal yang ramah anjing.

Disadur dari Cuteness, Kamis (14/7/2022), ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga sahabat bulu tetap merasa nyaman saat diajak jalan-jalan di tengah udara panas, yakni sebagai berikut.

Baca juga: Ajak Anjing Jalan-jalan, Lebih Baik Pakai Kalung atau Harness?

Perhatikan suhu permukaan jalanan

Permukaan jalanan dapat terasa panas di tengah udara panas. Untuk mengetahui apakah suhunya terlalu panas dan dapat membakar telapak kaki anjing atau tidak adalah dengan menaruh telapak tanganmu pada permukaannya.

Lakukan cara ini selama sepuluh detik. Jika bisa melakukannya dengan nyaman, maka suhu cukup sejuk bagi anjing untuk jalan-jalan di atasnya.

Waspadai tanda-tanda heat stroke pada anjing

Suhu yang terlalu panas dapat menyebabkan anjing mengalami heat stroke. Di tengah sesi jalan-jalan, luangkan waktu sejenak untuk mengajaknya berteduh di bawah naungan apa pun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com