Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/07/2022, 22:03 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memelihara anjing atau menjadi pemilik anjing untuk pertama kalinya menjadi pengalaman mengasyikkan, tetapi bisa juga memiliki tantangan, tergantung pada ras anjing

Ada banyak ras anjing di dunia dan sulit memilih yang tepat. Namun, bagi Anda yang pertama kali memelihara anjing, penting mengetahui berbagai ras anjing untuk memilih yang tepat. 

Baca juga: 7 Penyebab Mata Anjing Memerah, Harus Bagaimana? 

Untungnya, ras anjing tertentu memiliki tingkat energi, ukuran, penampilan, dan kebutuhan perawatan yang relatif dapat diprediksi.

Memilih ras anjing terbaik untuk pemula adalah menyesuaikan dengan energi dan tingkat perhatian Anda.

Jika menginginkan anjing yang dapat berlari bersama, sebaiknya memilih anjing yang atletis dan berenergi tinggi. Namun, bila menyukai anjing yang "malas", hindari ras anjing berenergi tinggi.

Umumnya, pemula cenderung memilih ras anjing dengan perawatan rendah, terutama jika tidak punya waktu untuk melakukan banyak perawatan. 

Nah, untuk memudahkan pilihan, berikut beberapa ras anjing yang cocok dipelihara untuk pemula dikutip dari The Spruce Pets, Rabu (13/7/2022). 

Baca juga: Hindari, Ini 5 Kesalahan yang Kerap Dilakukan Saat Memelihara Anjing 

Bichon frise

Ilustrasi anjing, Ilustrasi ras anjing Bichon frise.Unsplash/mbriney Ilustrasi anjing, Ilustrasi ras anjing Bichon frise.
Bichon frise adalah anjing kecil yang ceria, cocok untuk rumah dengan anak-anak, atau mereka yang tinggal di apartemen.

Ras anjing ini adalah teman serba bisa yang hebat, mudah dilatih, gampang beradaptasi dengan gaya hidup apa pun, serta hanya perlu olahraga ringan setiap hari untuk menjadi bahagia dan sehat.

Anda perlu mendedikasikan waktu dan uang untuk kunjungan rutin ke groomer. Bulu Bichon frise yang lembut perlu digunting secara teratur dan disikat dengan hati-hati. Untuk perawatan lebih rendah, potong pendek bulu Bichon frise. 

Baca juga: 8 Fakta Air Liur Anjing, Bisa Cegah Gigi Berlubang dan Antibakteri

Golden retriever

Golden retriever adalah anjing keluarga klasik. Ras anjing ini sangat bersemangat dan aktif, menyenangkan, sangat baik dengan anak-anak dari segala usia, setia, juga penyayang.

Golden retriever juga cerdas dan mudah beradaptasi di sebagian besar rumah tangga. Anjing ini membutuhkan olahraga yang cukup untuk menjaga tubuhnya tetap baik dan mencegah kebosanan serta membutuhkan penyikatan teratur untuk menjaga bulunya bebas dari kusut. 

Baca juga: 6 Fakta Unik Anjing Labrador Retriever yang Lincah dan Serbaguna 

Pomeranian

Ilustrasi anjing PomeranianUnsplash/FLOUFFY Ilustrasi anjing Pomeranian
Pomeranian adalah anjing kecil yang manis serta dapat menjalani ikatan dekat dengan pemiliknya. Ras anjing ini juga dikenal baik dengan anak-anak dan dapat beradaptasi dengan banyak situasi.

Latihan dasar harian cukup umembuat Pomeranian bahagia. Anjing ini membutuhkan pelatihan dasar untuk memberikan struktur dan batasan. Tanpa pelatihan, sisi anjing yang penuh semangat dan keras kepala bisa keluar.

Meski memiliki bulu yang lembut, Pomeranian tidak membutuhkan terlalu banyak perawatan. Cukup menyisir bulunya secara teratur dapat menjaga bulu Pomeranian tetap terlihat bagus. 

Baca juga: 5 Ras Anjing Bulldog yang Cocok Dipelihara di Rumah

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com