Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aturan Memberi Makan Kucing Liar agar Tidak Mengotori Lingkungan

Kompas.com - 14/07/2022, 08:20 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memberi makan kucing liar yang ada di jalanan maupun di sekitar rumah menjadi kegiatakan yang terkadang dilakukan beberapa pencinta kucing.

Biasanya, pencinta kucing akan membawa sejumlah makanan. Akan tetapi, aksi baik dan peduli terhadap makhluk hidup ini memiliki pro-kontra. 

Baca juga: 6 Cara Menyingkirkan Kucing Liar yang Kerap Muncul di Rumah

Pasalnya, beberapa waktu terakhir, ada sebuah teguran terkait dengan pemberian makanan kucing liar di jalanan. Hal ini karena membuat lingkungan menjadi kotor dan bau. 

Menanggapi hal tersebut, Doni Herdaru Tona, founder Animal Defenders Indonesia, mengatakan memberi makan kucing liar merupakan hal baik, tetapi bisa menjadi buruk bila cara yang dilakukan salah.

"Misalnya, jika memberi makanan basah, sebaiknya memberikan alas pada bawah makanan sehingga tidak mengotori lingkungan," ujarnya dalam acara bertema "Sayangi Bumi dan Si Kesayangan", Jakarta, baru-baru ini. 

Baca juga: 7 Langkah Tepat Saat Mengadopsi Kucing Liar

Hal senana juga diungkapkan Davina Veronica, founder Natha Satwa Nusantara. Davina menjelaskan, ketika memberi makanan kucing liar, sebaiknya menunggu hingga kucing selesai makan. 

Setelah itu, bersihkan sisa makanan maupun alas yang digunakan serta buang ke tempat sampah. 

"Saya pun memberikan makan untuk kucing liar pada pagi dan sore hari. Jadi, lebih baik ditunggu hingga mereka selesai makan, kemudian buang bekas atau sisa makanan tersebut sehingga tidak mengotori lingkungan," imbuhnya. 

Baca juga: 6 Tanaman Paling Ampuh Cegah Kucing Liar Masuk ke Rumah

Davina mengatakan mereka yang memberi makan kucing liar ini sebaiknya diberikan edukasi mengenai sampah atau sisa makanan yang dapat mengotori lingkungan, bukan melarangnya. 

"Rasa peduli terhadap hewan jangan dihilangkan, namun berikan edukasi terkait pemberian makan kucing liar ini harus menjaga lingkungan juga," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com